Cara Deteksi Asam Urat Tinggi dan Rendah, Salah Satunya Disebabkan Diabetes

Kamis, 03 Agustus 2023 - 21:31 WIB
loading...
Cara Deteksi Asam Urat Tinggi dan Rendah, Salah Satunya Disebabkan Diabetes
Kadar asam urat tinggi dan rendah sama-sama memiliki risiko. Jadi, penting untuk memelajari asam urat dapat menyerang tubuh Anda.Foto/ cloudfront.
A A A
JAKARTA - Kadar asam urat tinggi dan rendah sama-sama memiliki risiko. Jadi, penting untuk memelajari asam urat dapat menyerang tubuh Anda.

Asam urat diproduksi saat tubuh memecah purin, zat alami yang ditemukan di setiap sel dan di sebagian besar makanan, terutama dibuang melalui ginjal. Namun, asam urat lebih dari sekadar produk limbah. Diibaratkan pedang bermata dua, meningkatkan risiko beberapa masalah kesehatan dan membantu mencegah penyakit lain.

Baca Juga: Gara-Gara Obesitas, Penumpang Pesawat Ini Terjebak di Kursi dalam Kabin selama 3 Jam

Asam Urat Tinggi

Asam urat biasanya dianggap tinggi jika lebih dari 7 miligram per desiliter (mg/dL) untuk pria dan lebih dari 6 mg/dL untuk wanita.

Asam urat tinggi juga terkait dengan batu ginjal asam urat dan penyakit ginjal kronis. Dalam beberapa penelitian, ini terkait dengan tekanan darah tinggi dan gagal jantung serta sindrom metabolik, sekelompok gejala yang meningkatkan kemungkinan penderitanya terkena diabetes, stroke dan penyakit jantung.

Lalu, apa penyebab asam urat tinggi? Dilansir arthritis pada Kamis (3/8/2023) berikut ulasannya.

1. Minum alkohol yang meningkatkan risiko dan serangan gout.
2. Konsumsi makanan tinggi purin yang mencakup banyak daging merah, kerang, permen, soda manis, dan sirup jagung fruktosa tinggi. (Fruktosa dari buah juga dapat menyebabkan asam urat tinggi).
3. Diabetes.
4. Obat-obatan tertentu, termasuk yang digunakan untuk radang sendi, seperti siklosporin (Neoral) dan tacrolimus (Prograf).

Asam Urat Rendah
Asam urat rendah atau hipourikemia kurang mendapat perhatian masyarakat. Ini karena penderitanya jauh lebih sedikit, hanya sekira 0,5 persen dari populasi. Namun itu terkait dengan gangguan neurologis yang serius, termasuk penyakit alzheimer, parkinson dan amyotrophic lateral sclerosis (ALS), penurunan fungsi ginjal dan kondisi saraf yang menyakitkan yang disebut trigeminal neuralgia.

Asam urat yang lebih tinggi diketahui membantu melindungi dari gangguan ini. Asam urat rendah juga dikaitkan dengan kerusakan ginjal setelah olahraga berat atau disebut cedera ginjal akibat olahraga dan batu ginjal asam urat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)