Antisipasi Macet Tahun Baru di Stasiun Gambir, Pemberangkatan KA Diatur

Sabtu, 31 Desember 2016 - 05:05 WIB
Antisipasi Macet Tahun Baru di Stasiun Gambir, Pemberangkatan KA Diatur
Antisipasi Macet Tahun Baru di Stasiun Gambir, Pemberangkatan KA Diatur
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta akan melakukan rekayasa pola operasi Kereta Api (KA) pada Sabtu (31/12/2016) untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir. Hal tersebut dikarenakan adanya rencana perayaan malam Tahun Baru di Kawasan Monas yang bisa berimbas pada terhambatnya perjalanan calon penumpang yang akan naik KA dari Stasiun Gambir.

Rekayasa pola operasi tersebut yakni semua KA yang berangkat dari Stasiun Gambir, pada hari itu akan Berhenti Luar Biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara.

"Jadi penumpang KA yang kesulitan untuk menuju ke Gambir bisa naik dari Stasiun Jatinegara, dimana biasanya KA keberangkatan Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara. Hal ini demi memudahkan pelayanan penumpang," kata Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Sapto Hartoyo, Jumat (30/12/2016).

Sapto melanjutkan, Berhenti Luar Biasa (BLB) ini berlaku mulai pukul 19.15 WIB untuk keberangkatan KA 48 (Sembrani) sampai dengan keberangkatan pukul 22.55 WIB untuk KA KP 10852 (Argo Parahyangan Tambahan).Total ada 12 KA, terdiri dari 9 KA Reguler, dan 3 KA Tambahan keberangkatan dari Stasiun Gambir.

"Ke-12 KA itu, akan tetap berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun ada penyesuaian pola operasi," tegas Sapto.

Para penumpang yang sudah memiliki tiket/kode booking KA pada jam keberangkatan tersebut selain dapat naik dari Stasiun Gambir juga dapat naik dari Stasiun Jatinegara. "Kita juga menyiagakan petugas di stasiun Jatinegara untuk membantu pelayanan penumpang di sana," tambahnya.

PT KAI juga mengimbau para penumpang untuk mengantisipasi dan memperkirakan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal. "Pastikan selalu nama yang tertera pada tiket/kode booking anda sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas anda," tuturnya.

Berikut daftar KA yang berangkat dari Stasiun Gambir dan juga akan Berhenti Luar Biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara :

- KA 48 (Sembrani)
- KA 70a (Tegal Bahari)
- KA 30 (Argo Parahyangan)
- KA 8 (Argo Lawu)
- KA 72a (Cirebon­ Ekspres)
- KA 54 (Taksaka)
- KA 8f (Argo Lawu­ tambahan)
- KA 4 (Argo Anggrek)
- KA 62a (Cirebon­ Ekspres)
- KA 58 (Purwojaya)
- KA KP/11050 (KLB­ Tambahan GMR-YK)
- KA KP/10852 (KLB­ Tambahan GMR-YK)
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0685 seconds (0.1#10.140)