Jurusan Kuliah 6 Menteri Perempuan Kabinet Indonesia Maju, Para Srikandi Lulusan Kampus Ternama

Kamis, 03 Agustus 2023 - 15:35 WIB
loading...
Jurusan Kuliah 6 Menteri Perempuan Kabinet Indonesia Maju, Para Srikandi Lulusan Kampus Ternama
Jurusan kuliah enam menteri perempuan Indonesia di Kabinet Indonesia Maju. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Deretan para menteri perempuan di Kabinet Indonesia Maju memiliki riwayat pendidikan yang menarik untuk diketahui. Apa jurusan kuliah dan di mana kampus mereka, artikel ini akan mengulasnya.

Di Kabinet Indonesia Maju, ada enam menteri perempuan yang bertugas membantu tugas pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dikutip dari masing-masing laman resmi kementerian, berikut ini jurusan kuliah dan perguruan tinggi tempat mereka berkuliah.

Jurusan Kuliah 6 Menteri Perempuan di Kabinet Indonesia Maju

1. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati


Sri Mulyani Indrawati yang pada 2022 lalu masuk dalam daftar The World's 100 Most Powerful Women 2022 versi Forbes memilih jurusan S1 Ekonomi di Universitas Indonesia dan lulus pada 1986.

Baca juga: Jurusan Kuliah 4 Menko di Kabinet Indonesia Maju, Alumni Kampus Mana Saja Ya

Mantan Menko Bidang Perekonomian di era Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY) ini kemudian melanjutkan studi S2 untuk meraih gelar Master of Science of Policy Economy di University of Illinois di Urbana Champaign, Amerika Serikat pada 1990.
Jurusan Kuliah 6 Menteri Perempuan Kabinet Indonesia Maju, Para Srikandi Lulusan Kampus Ternama


Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Foto/Kemenkeu

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia yang lahir pada 26 Agustus 1962 di Bandar Lampung, Lampung ini berhasil meraih gelar PhD in Economics juga di universitas yang sama di Negeri Paman Sam pada 1992.

2. Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi

Retno Marsudi merupakan wanita pertama yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia dan dilantik oleh Presiden Jokowi pada 27 Oktober 2014.

Mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda ini lulus dari jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 1985.
Jurusan Kuliah 6 Menteri Perempuan Kabinet Indonesia Maju, Para Srikandi Lulusan Kampus Ternama

Menlu Retno L.P. Marsudi. Foto/Kemenlu

Mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia ini kemudian terbang ke luar negeri untuk mengambil program studi undang-Undang Uni Eropa di di Haagse Hogeschool di Den Haag.

Retno yang bergabung dengan Kementerian Luar Negeri pada 1986 juga pernah bertugas sebagai Direktur Jenderal Amerika dan Eropa serta Direktur Eropa Barat ini juga menuntaskan Studi Hak Asasi Manusia di Universitas Oslo.

3. Menteri Sosial Tri Rismaharini


Tri Rismaharini lahir di Kediri 20 November 1961 merupakan mantan Wali Kota Surabaya yang menuntaskan studi S1 Arsitektur di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada 1987.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)