Garuda Indonesia Pastikan Pilot Citilink Tidak Mabuk

Rabu, 28 Desember 2016 - 16:42 WIB
Garuda Indonesia Pastikan Pilot Citilink Tidak Mabuk
Garuda Indonesia Pastikan Pilot Citilink Tidak Mabuk
A A A
JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk selaku induk usaha dari PT Citilink Indonesia memastikan, pilot Citilink penerbangan QG 800 rute Surabaya-Jakarta tidak dalam kondisi mabuk. Hal ini merespons insiden keterlambatan penerbangan (delay) maskapai Citilink, lantaran pilot berbicara tidak jelas saat melakukan welcome announcement, Rabu (28/12/2016) pagi tadi.

‎Direktur Operasional Garuda Novianto Herupratomo mengungkapkan, pilot tersebut telah dibawa ke klinik kesehatan bandara untuk dilakukan tes urine dan tes fisik awal. Dari hasil laporan, pilot tersebut dinyatakan tidak dalam kondisi mabuk.

"Sudah dibantah dan sudah diperiksa (pilot Citilink). Itu enggak betul. Artinya bukan mabuk," k‎atanya di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Tak hanya itu, sambung dia, manajemen Citilink juga langsung bertindak cepat dengan menukar pilot untuk penerbangan rute Surabaya-Jakarta tersebut dengan pilot yang dalam keadaan sehat. Sebab, meskipun tidak dalam kondisi mabuk namun pilot tersebut secara psikologis tidak dalam keadaan sehat.

"‎Citilink sudah tindak cepat. Pilot ditukar karena secara psikologis enggak bagus. Penumpang suka mendengar kemudian mempersepsikan sendiri," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, pilot diduga mabuk, penerbangan pesawat Citilink QG 800 rute Surabaya-Jakarta, Rabu (28/12/2016) pagi terlambat satu jam. 152 penumpang yang sudah masuk kabin sempat dikeluarkan ke ruang tunggu dan akhirnya terbang kembali dengan pilot pengganti. (Baca juga: Pilot Diduga Mabuk, Penerbangan Terlambat Satu Jam).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6410 seconds (0.1#10.140)