Perang Hampir 18 Bulan, Ini Alasan Ekonomi Rusia Tetap Tangguh

Rabu, 02 Agustus 2023 - 14:28 WIB
loading...
Perang Hampir 18 Bulan, Ini Alasan Ekonomi Rusia Tetap Tangguh
Hampir 18 bulan setelah perang Ukraina dimulai, ekonomi Rusia tetap tangguh meski dihujani sanksi barat. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Hampir 18 bulan setelah perang Ukraina dimulai, ekonomi Rusia tampaknya terus berkembang. Pertumbuhan ekonomi Rusia ini membingungkan para ekonom yang meramalkan hasil yang sangat buruk menyusul sanksi-sanksi yang dijatuhkan terhadap invasi Moskow ke Ukraina.

Sementara beberapa ekonom mempertanyakan kualitas dan kebenaran rilis data Rusia, sebuah laporan New York Times pada hari Senin memberikan gambaran yang berbeda mengenai ekonomi masa perang negara ini dan bagaimana hal ini membantu meningkatkan dukungan rakyat untuk Vladimir Putin.

Mengutip Business Insider, alasan ekonomi Rusia sejauh ini tetap tangguh disebabkan oleh langkah-langkah Kremlin. Times melaporkan bahwa Putin meningkatkan produksi peralatan militer dan menaikkan pensiun, gaji, dan tunjangan lain untuk orang-orang yang tidak mampu. Negara juga memberikan subsidi untuk hipotek.



Times melaporkan, tentara yang bertempur dalam perang juga mendapatkan gaji yang jauh lebih tinggi daripada pendapatan rata-rata di daerah-daerah miskin di Rusia. Sebagai contoh, Rusia menawarkan minimal 160 ribu rubel atau sekitar USD1.740 dolar AS setara Rp14 juta dalam bentuk gaji bulanan untuk tentara kontrak pada September lalu tiga kali lebih tinggi dari rata-rata nasional, demikian yang dilaporkan Reuters.

Pembayaran dalam jumlah besar bagi mereka yang tewas dalam perang misalnya, pembayaran 5 juta rubel untuk keluarga pejuang Grup Wagner yang tewas dalam perang beredar dalam perekonomian.

Langkah-langkah ini telah meningkatkan permintaan dan harga untuk berbagai produk dan layanan di Rusia. Bank Sentral Rusia melaporkan pinjaman korporasi telah meningkat 19% pada tahun ini hingga Juni seiring dengan meningkatnya investasi.

Sementara itu, nilai hipotek yang diambil dari 20 bank terbesar di Rusia melonjak 63% pada paruh pertama tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu, mengutip pemberi pinjaman yang dikelola pemerintah Dom.RF, dan perusahaan riset real estat Frank Media.

Perekonomian Rusia berjalan sangat panas sehingga bank sentral menaikkan suku bunga sebesar 1 poin persentase pada 21 Juli dua kali lipat dari 0,5 poin persentase yang diperkirakan para analis yang disurvei Reuters untuk menjinakkan inflasi yang mencapai 3,25% di bulan Juni dari tahun lalu.

"Sebagai seorang ekonom, saya tidak tahu bagaimana gelembung ini dapat dikempiskan," kata Alexandra Prokopenko, seorang peneliti di Carnegie Russia Eurasia Center dan mantan penasihat di bank sentral Rusia, kepada The Times.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)