Dua Kali Gempa Guncang Sorong, Warga Panik

Rabu, 21 Desember 2016 - 03:09 WIB
Dua Kali Gempa Guncang Sorong, Warga Panik
Dua Kali Gempa Guncang Sorong, Warga Panik
A A A
SORONG - Gempa berkekuatan 4,3 SR dan 3,8 SR, mengguncang kota Sorong, Papua Barat, pada Selasa (20/12/2016), pukul 22.42 WIT dengan pukul 00.42 WIT.

Kepala Stasiun Geofisika Sorong, Andri WB dalam siaran pers yang diterima MNC Media mengatakan, gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah Kota Sorong, dari hasil analisis BMKG, pada 5 menit pertama menunjukkan gempa ini berkekuatan 4,3 SR

Andri menjelaskan, episenter gempa ini terletak pada koordinat 1,02 Lintang Selatan dan 131,39 Bujur Timur, tepatnya di Kabupaten Sorong, pada jarak 4 km arah tenggara Kabupaten Sorong dengan kedalaman 10 km.

Menurutnya, peta tingkat guncangan gempa yang dikeluarkan BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa berupa guncangan cukup kuat dirasakan di beberapa daerah, seperti Kecamatan Sorong Barat, Malanu, dan Aimas, merasakan pada skala intensitas II SIG-BMKG atau II-III MMI.

"Menurut laporan, di beberapa daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang bahkan beberapa warga berlarian keluar rumah," ungkap Andri.

Namun demikian, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan sebagai akibat dampak gempabumi. Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif Sorong yang melewati kota Sorong.

Hingga pada pukul 23.25 WIT, telah terjadi satu kali gempa susulan yang dirasakan dengan kekuatan 3,8 SR. Kepada warga masyarakat di kota Sorong dan sekitarnya, diimbau tenang dan tidak terpancing isu karena ini tidak berpotensi tsunami.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2677 seconds (0.1#10.140)