Asal Usul Marga Alaydrus, Keturunan Rasulullah SAW yang Masyhur

Senin, 31 Juli 2023 - 12:31 WIB
loading...
Asal Usul Marga Alaydrus, Keturunan Rasulullah SAW yang Masyhur
Asal usul marga Alaydrus adalah dari Hadhramaut Yaman. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Asal usul marga Alaydrus adalah dari Hadhramaut Yaman . Keluarga Alaydrus merupakan salah satu keluarga yang masyhur dan terkenal di dalam Sadah Al Alawiyyin. Keluarga Alaydrus banyak melahirkan tokoh agama dan para cendekiawan Islam yang menyebarkan agama Islam di dunia, khususnya di India dan Nusantara .

Marga Alydrus berhulu kepada Habib Abdullah Alaydrus, karena beliau orang pertama yang mendapatkan gelar tersebut dari kakek beliau Al Habib Abdurrahman As-saqaf (Assegaf).

Adapun tokoh Alaydrus di Indonesia seperti Habib Husain bin Abu Bakar Al-Aydrus atau dikenal dengan Habib Luar Batang, Habib Novel, ustadzah Halimah Alaydrus .

Kemudian dari marga Alaydrus juga muncul beberapa marga, seperti; Bin-Umar, al-Zein, ash-Sholabiyah, al-Umar bin Zein, al-Hazem, ats-Tsibi, al-Ismail dan al-Maigab.



Orang pertama keturunan Rasulullah SAW yang mendapat gelar Alaydrus adalah Abdullah bin Abu Bakar bin Abdurrahman Assegaf. Suatu kali ada yang bertanya kepada al-Habib Abdurrahman Asseggaf, apa makna Alaydrus, gelar yang disematnya pada cucunya yang bernama Abdullah. Leluhur Assegaf ini menjawab, “Rais al-Awliya”, atau pimpinan para wali.

Laman Galeri Kitab Kuning menyebutkan kalimah العيدروس pada asalnya ialah العيتروس kemudian diubah huruf ت kepada huruf د untuk memudahkan lisan dan menyatukan makhraj sebutan.

Manakala العترسة pada asalnya membawa maksud kehebatan, kekuatan, dan keberanian yaitu merupakan salah satu daripada sifat singa yang merupakan pemimpin pada segala hewan.

Itu sebabnya Imam Abdurahman Asegaf memberikan gelaran العيدروس kepada Habib Abdullah Alaydrus sebagai doa agar beliau menjadi seorang yang berani dan menjadi pemimpin masyarakat dan para ulama serta auliya' pada zamannya.

Imam Abdullah Alaydrus dilahirkan pada tahun 811 Hijrah di Kota Tarim Al Ghanna dan wafat pada Hari Ahad 12 Ramadhan 865 Hijrah.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)