8 Universitas Dunia Anggota Ivy League, Kualitasnya Tanpa Tanding?

Senin, 31 Juli 2023 - 12:21 WIB
loading...
8 Universitas Dunia Anggota Ivy League, Kualitasnya Tanpa Tanding?
Universitas Harvard yang sering menduduki peringkat pertama perguruan tinggi dunia adalah salah satu anggota universitas Ivy League. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini deretan universitas Ivy League yang disebut-sebut sebagai kumpulan kampus favorit di seluruh dunia. Apa itu Ivy League? Mulanya, Ivy League adalah suatu konferensi atletik perguruan tinggi. Pesertanya terdiri dari delapan universitas swasta yang berlokasi di wilayah timur laut Amerika Serikat.

Namun, kini istilah “Ivy League” lebih sering digunakan untuk menyebut sekelompok perguruan tinggi elit dengan prestasi akademik yang unggul dan super selektif. Artikel kali ini ingin membahas tentang 8 universitas yang masuk delapan Universitas Ivy League.

Daftar 8 Universitas Anggota Universitas Ivy League

1. Harvard University

Universitas Ivy League yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga. Bagaimana tidak, kampus yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts ini sering menduduki peringkat pertama perguruan tinggi dunia. Selain itu, Harvard University juga telah melahirkan beberapa pesohor dunia seperti mantan presiden Barack Obama, aktivis Helen Keller, hingga aktris Natalie Portman.

2. Yale University

Yale University terletak di New Haven, Connecticut Amerika Serikat. Yale merupakan salah satu dari tiga perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Mulanya, Yale University hanya mengajarkan tentang Teologi dan bahasa kitab suci. Namun, seiring perkembangannya, kampus yang didirikan pada tahun 1701 tersebut membuka berbagai jurusan di bidang humaniora dan sains.

3. Columbia University

Columbia University berada di New York City. Kampus ini didirikan menurut perintah Raja George II dari Britania Raya. Para ilmuwan dan cendekiawan Columbia memainkan peran penting dalam berbagai temuan ilmiah, seperti brain-computer, teknologi resonansi magnetik nuklir, hingga temuan mengenai lempeng tektonik dan pergeseran benua.


4. Brown University

Universitas Ivy League berikutnya adalah Brown University yang berdiri pada tahun 1764. Brown University terkenal karena program Matematika Terapan. Program tersebut merupakan program Matematika Terapan tertua di Amerika Serikat. Lokasinya berada di Providence, Rhode Island.

5. Princeton University

Princeton University terletak di Princeton, New Jersey. Kampus yang didirikan pada tahun 1746 ini menyediakan jurusan yang amat beragam, mulai dari klaster humaniora, ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, hingga teknik. Menurut laporan dari Times Higher Education pada tahun 2022, Princeton University menduduki peringkat ke-7 universitas terbaik dunia.

6. University of Pennsylvania

Selanjutnya ada University of Pennsylvania yang berlokasi di Philadelphia, Pennsylvania. Universitas Ivy League yang satu ini berdiri sejak tahun 1750. University of Pennsylvania memiliki empat kampus untuk tingkat sarjana serta dua belas untuk pascasarjana dan profesi.

Perguruan tinggi satu ini menerapkan sistem “One University Policy” yang memungkinkan mahasiswa untuk bisa mengikuti seluruh kelas dari kedua belas kampus.

7. Cornell University

Lokasinya berada di Ithaca, New York. Cornell University didirikan pada tahun 1865 untuk menyediakan pendidikan di berbagai bidang, mulai dari bidang klasik hingga sains, baik secara teori maupun terapan. Cornell University juga memiliki kampus di New York City dan Education City, Qatar.

8. Dartmouth College

Pada awalnya, Dartmouth College didirikan untuk mendidik penduduk asli Amerika mengenai teologi Kristen. Namun, lama-kelamaan, kampus ini membuka berbagai jurusan baru, termasuk 60 jurusan di bidang humaniora, ilmu sosial, teknik, dan ilmu pengetahuan alam.


Sejarah Ivy League

1. Ivy League adalah sebutan untuk sekelompok universitas elit di Amerika Serikat yang terkenal karena reputasinya yang sangat baik dalam bidang akademik dan juga olahraga

2. Ivy League didirikan pada abad ke-18 sebagai bagian dari gerakan revolusi pendidikan di Amerika Serikat. Tujuannya adalah untuk menciptakan universitas-universitas yang dapat bersaing dengan universitas-universitas elit di Eropa
.
3. Columbia, Princeton, dan Universitas Pennsylvania adalah tiga dari delapan universitas yang membentuk Ivy League pada awalnya.

4. Saat ini, Ivy League terdiri dari delapan universitas yang terkenal di seluruh dunia karena kualitas akademik mereka yang sangat baik dan program olahraga yang kompetitif.

5. Keseluruhan delapan universitas Ivy League terletak di Timur Laut Amerika Serikat dan semuanya adalah universitas swasta.

Selain Columbia, Princeton, dan Universitas Pennsylvania, universitas lain yang termasuk dalam Ivy League adalah Harvard University, Yale University, Brown University, Cornell University, dan Dartmouth College.

6. Setiap Universitas Ivy League memiliki sejarah, budaya, dan identitas yang unik, namun semuanya memiliki standar kualitas akademik yang sangat tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)