20 Kampus Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023, Simak Daftarnya

Senin, 31 Juli 2023 - 09:44 WIB
loading...
20 Kampus Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023, Simak Daftarnya
Jurusan Akuntansi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menempati urutan ke-6 terbaik di Indonesia versi The WUR 2023. Foto/Humas UNS
A A A
JAKARTA - Ini daftar 20 Universitas jurusan Akuntansi terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023. Ada banyak pertimbangan saat memilih satu jurusan dan salah satunya adalah kualitas. Tahukah kamu bahwa semua universitas di dunia memiliki ranking baik secara global, per negara, dan bisa difilter per jurusan.

Bila kamu ingin masuk ke jurusan Akuntansi terbaik di Indonesia, maka kamu perlu mempertimbangkan peringkat yang dikeluarkan oleh The WUR (Times Higher Education World University Ranking) 2023.

Selain dalam skala global, THE WUR juga merilis daftar jurusan ini dalam skala per negara. Dalam menyusun peringkat universitas terbaik 2023, THE WUR menggunakan lima indikator yaitu teaching, research, citations, industry income, dan international outlook. Ini 20 ranking teratas universitas dengan jurusan Akuntansi terbaik di Indonesia versi The WUR 2023. Yuk baca artikel di bawah ini hingga akhir.

Daftar Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia versi THE WUR 2023

1. Universitas Indonesia

Universitas yang telah berdiri bahkan sebelum Indonesia merdeka ini memang sudah banyak menorehkan prestasi. Salah satunya ya menjadi universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia.Sudah dipastikan bila kamu diterima oleh jurusan akuntansi di UI, kamu berada di tempat paling tepat untuk bisa menyerap berbagai ilmu dan pengalaman penting untuk karirmu di masa mendatang.

2. Universitas Airlangga (Unair)

Melihat Unair dalam urutan kedua pun tidaklah begitu mengagetkan dikarenakan sepak terjangnya di dunia perguruan tinggi negeri yang telah lama.

Perguruan tinggi di Jawa Timur ini telah berdiri sejak tahun 1954 dan sekarang telah mengantongi akreditasi A. Selain itu, jurusan akuntansinya pun mendapatkan akreditasi yang sama yaitu A dari BAN PT.

3.Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas Bina Nusantara menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang bisa tembus 3 besar dalam ranking ini. Hal ini tidaklah mengherankan karena memang Universitas Bina Nusantara telah cukup lama eksistensinya yakni sejak 1981.

Selain itu, akreditasi kelembagaannya pun adalah Unggul. Akreditasi yang sama, yaitu Unggul, pun diberikan kepada jurusan akuntansinya. Jadi wajar saja bila masuk dalam 3 besar ranking ini

4. Universitas Gadjah Mada

Universitas jurusan akuntansi terbaik di Indonesia versi The WUR di urutan ke empat adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM. Sebagai perguruan tinggi negeri pertama di Indonesia, hal ini juga tidaklah mengherankan.



Saat perguruan tinggi lain berlomba untuk menaikkan status, UGM telah jauh melangkah sehingga jurusan akuntansinya menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. BAN-PT memberikan akreditasi Unggul baik untuk UGM maupun untuk jurusan akuntansinya. Well deserved!

5. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Perguruan tinggi negeri yang memang memfokuskan diri pada dunia pendidikan ini telah menelurkan banyak tenaga pengajar berkualitas. Dengan fokus tersebut, tentu hal ini akan berpengaruh pula pada bagaimana pembelajaran di jurusan-jurusan lain dilakukan.Inovasi dalam hal pendidikan yang tak pernah berhenti menghadiahkan diri mereka sendiri sebagai universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di Indonesia peringkat 5.

6. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1976 ini memang tak pernah letih untuk terus menelurkan para lulusan berkualitas baik. Dengan akreditasi A yang dikantonginya dari BAN PT, ternyata jurusan akuntansi mereka pun mendapatkan akreditasi A juga.Tak heran bila kampus di Surakarta ini berada di urutan keenam.

7. Universitas Negeri Malang

Malang menjadi sebuah kota pendidikan sangat berpengaruh di Jawa Timur.Hal ini terbukti dari banyaknya perguruan tinggi baik negeri maupun swasta berkualitas baik. Salah satunya tentu saja adalah Universitas Negeri Malang yang masyhur. Telah berdiri sejak tahun 1954, kini UNM telah mengantongi akreditasi A dari BAN PT. Sementara jurusan akuntansinya mendapatkan akreditasi Unggul.

8. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya dianugerahi akreditasi A oleh BAN PT. Sementara jurusan akuntansinya memiliki akreditasi Unggul dari badan akreditasi yang sama.Bagaimana, cukup tergiurkah untuk kuliah jurusan akuntansi Universitas Brawijaya?

9. Universitas Diponegoro (Undip)

Kamu yang berdomisili di Semarang, tidak perlu jauh-jauh kuliah ke daerah lain kalau ingin masuk jurusan akuntansi.BAN-PT memberikan akreditasi A untuk Universitas Diponegoro dan juga jurusan akuntansinya.Bila kamu perhatikan memang universitas dengan jurusan akuntansi terbaik di daftar ini rata-rata akreditasinya A atau Unggul.


10. Universitas Islam Indonesia

UII menemani Universitas Bina Nusantara sebagai dua perguruan tinggi swasta yang masuk dalam daftar ini. Ternyata, UII memang telah berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka, tepatnya sebulan sebelum kemerdekaan.

Dengan periode yang lama di dunia perguruan tinggi tentunya peringkat ke-10 pantas untuk didapatkan.UII sendiri lembaganya telah diberikan akreditasi Unggul oleh BAN-PT. Sementara jurusan akuntansi UII mendapatkan akreditasi A.

11. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

12. Universitas Sumatera Utara (USU)

13. Telkom University (TU)

14. Universitas Andalas (UNAND)

15. Bakrie University

16. Universitas Lampung (UNILA)

17. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

18. Universitas Kristen Satya Wacana

19. Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

20. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8018 seconds (0.1#10.140)