Jurusan Kuliah 4 Menko di Kabinet Indonesia Maju, Alumni Kampus Mana Saja Ya

Senin, 31 Juli 2023 - 08:30 WIB
loading...
Jurusan Kuliah 4 Menko di Kabinet Indonesia Maju, Alumni Kampus Mana Saja Ya
Jurusan kuliah 4 Menteri Koordinator (Menko) di Kabinet Indonesia Maju. Foto/Twitter/@golkar_id.
A A A
JAKARTA - Kabinet Indonesia Maju di bawah pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin memiliki empat Menteri Koordinator (Menko). Berikut ini jurusan kuliah dan kampus dari keempat Menko tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki empat Menko yang mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan kementerian ataupun lembaga negara yang berada di lingkungan koordinasinya.

Adapun keempat Menko tersebut adalah Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Jurusan kuliah para Menko ini pun menarik untuk diketahui. Berikut ini jurusan kuliah dan dan perguruan tinggi tempat mereka menimba ilmu.

Baca juga: 20 PTN dan PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics Edisi Juli 2023

Jurusan Kuliah 4 Menko di Kabinet Indonesia Maju

1. Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto


Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur pada 1 Oktober 2962 ini dilantik sebagai Menko Bidang Perekonomian pada 23 Oktober 2019. Dikutip dari laman Kemenko Bidang Perekonomian, dia sebelumnya menjadi Menteri Perindustrian periode 2016-2019.

Peraih gelar Doktor Honoris Causa dari korea Development Institute (KDI), School of Public Policy and Management ini merupakan alumnus dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan S1 Teknik Mesin pada tahun 1987.
Jurusan Kuliah 4 Menko di Kabinet Indonesia Maju, Alumni Kampus Mana Saja Ya

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto.SINDOnews.

Ketua Umum Partai Golongan Karya ini kemudian melanjutkan kuliahnya di sejumlah perguruan tinggi luar negeri. Yakni Advanced Management Program (AMP) Wharton School, University of Pennsylvania Philadelphia-USA.

Airlangga yang juga penerima gelar Doktor Honoris Causa bidang Manajemen Olahraga dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini mengambil gelar Master of Business Administration (MBA), Monash University, Melbourne-Australia pada 1996.

Juga di Negeri Kangguru, lulusan SMA Kolese Kanisius Jakarta ini kembali berkuliah di University of Melbourne, Australia program Master of Management Technology (MMT) pada 1997.

2. Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD


Laman Mahkamah Konstitusi RI menyebutkan, Mahfud MD dikenal sebagai staf pengajar dan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UIII) Yogyakarta sejak 1984.

Pria yang lahir di Sampang, Madura pada 13 Mei 1957 ini menamatkan kuliah jenjang sarjananya di Jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Hukum UIII Yogyakarta.
Jurusan Kuliah 4 Menko di Kabinet Indonesia Maju, Alumni Kampus Mana Saja Ya

Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD. Foto/MPI/Riana Rizkia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)