Diguyur Hujan, Ratusan Rumah di Nias Utara Terendam

Minggu, 11 Desember 2016 - 01:47 WIB
Diguyur Hujan, Ratusan Rumah di Nias Utara Terendam
Diguyur Hujan, Ratusan Rumah di Nias Utara Terendam
A A A
NIAS - Hujan deras yang terjadi sejak sebulan terakhir di Kepulauan Nias menyebabkan air sungai meluap. Akibatnya, ratusan rumah warga di Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara yang terdiri dari empat desa terendam dengan ketinggian banjir mencapai 50 meter.

"Akibat hujan yang terus menerus melanda Kepulauan Nias, khususnya di Kabupaten Nias Utara, mengakibatkan banjir yang merendam ratusan rumah warga di 4 desa, yakni Desa Tugala Lauru, Muzoi, Tetehosi, serta Desa Lawira Satua,” ujar Oligo Zai, salah seorang warga Desa Lawira Satua, Sabtu (10/12/2016).

Genangan banjir yang semakin meninggi berdampak pada warga yang tidak dapat beraktifitas, selain itu banjir juga menggenangi lahan pertanian milik warga sehingga gagal panen.

Kendati demikian, banyak warga yang tetap bertahan di kediamannya masing- masing bahkan warga tampak membersihkan rumah menggunakan air genangan banjir dan anak-anak juga asyik bermain berenang di halaman rumahnya.

pengakuan warga hingga kini belum ada perwakilan dari pemerintah daerah yang melakukan penanganan banjir yang melanda desa mereka, baik pendataan maupun bantuan dari pemerintah Kabupaten Nias Utara.

"Jangankan memberi bantuan kepada ratusan kepala rumah tangga di sini, sampai saat ini tidak ada perwakilan Pemerintah Daerah yang datang ke lokasi ini,” jelas Oligo Zai.

Meski buku-buku sekolah rusak akibat tegenang banjir, tidak menyurutkan semangat para anak-anak untuk bersekolah, salah satunya Linda Nazara, siswi sekolah dasar di Kabupaten Nias Utara.

"Tadi saya tetap ke sekolah karena ujian semester, meski seluruh buku-buku mata pelajaran telah rusak digenangi banjir," ungkap Linda.

Dalam kejadian banjir kali ini tidak ada korban jiwa, namun peralatan rumah tangga rusak, lahan pertanian serta dokumen berharga lainnya ada yang terbawa arus banjir bersama ternak ternak .
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4579 seconds (0.1#10.140)