Pelajar SD di Gunungkidul Galang Dana untuk Korban Gempa Pidie Jaya

Jum'at, 09 Desember 2016 - 13:03 WIB
Pelajar SD di Gunungkidul Galang Dana untuk Korban Gempa Pidie Jaya
Pelajar SD di Gunungkidul Galang Dana untuk Korban Gempa Pidie Jaya
A A A
GUNUNGKIDUL - Aksi solidaritas terhadap korban gempa di Pidie Jaya, Aceh ditunjukkan ratusan pelajar salah satu sekolah dasar di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka menggelar doa bersama dan menggalang dana.

Para pelajar SD IV Wonosari, Gunungkidul itu berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Tidak sedikit pelajar yang meneteskan air mata saat kepala sekolah membacakan doa dan renungan bersama.

Mereka kemudian mengumpulkan uang jajan yang akan disalurkan ke Pidie Jaya lewat PMI Gunungkidul. Siswa diberikan kebebasan untuk mengambil uang kembalian jika uang yang diberikan terlalu banyak. "Kalian boleh mengambil uang kembalian, bapak percaya anak-anakku jujur semua," kata Kepala Sekolah SD IV Wonosari Eko Pramono, Jumat (9/12/2016).

Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud solidaritas serta dukungan moral kepada masyarakat Pidie Jaya, Aceh yang terkena gempa bumi berskala 6,4 Skala Richter pada Rabu (6/12/2016). "Doa ini untuk saudara kami yang ada di Pidie Jaya agar tetap tabah menghadapi cobaan," ujarnya.

Doa bersama juga sebagai media pembelajaran bagi anak didiknya untuk berempati dan simpati kepada masyarakat yang sedang terkena musibah.

"Berapa pun uang yang dikumpulkan akan disalurkan melalui PMI Gunungkidul. Walaupun hanya kecil, namun peran serta dan kepedulian anak-anak inilah yang akan terus kami junjung tinggi," ujarnya.

Salah seorang murid, Nilna Mahabata Efendi (11), berdoa agar masyarakat di Pidie Jaya diberikan ketabahan. "Semoga saudara di Pidie Aceh selalu tabah dan kami di sini membantu berdoa. Melalui doa dan penggalangan dana ini kami harapkan dapat membantu meringankan beban mereka yang terkena bencana," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9925 seconds (0.1#10.140)