alexa snippet

Ribuan Warga Cirebon Ikuti Istigasah 212

Ribuan Warga Cirebon Ikuti Istigasah 212
Ribuan orang mengikuti istigasah di GOR Ranggajati, Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (2/12/2016). Foto/KORAN SINDO/Erika Lia
A+ A-
CIREBON - Ribuan warga Cirebon mendoakan keamanan, kedamaian, dan kesatuan bangsa Indonesia. Doa bersama dipanjatkan dalam istigasah untuk mendukung umat muslim yang melakukan aksi serupa di Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Selain dihadiri umat muslim, istigasa yang digelar di GOR Ranggajati, Sumber, Kabupaten Cirebon itu juga dihadiri tokoh masyarakat, dan ulama di Kabupaten Cirebon. Hadir pula Bupati Cirebon, Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, dan Kapolres Cirebon.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Hariyanto mengingatkan, sebagian umat muslim hari ini melaksanakan istigasah di Jakarta dengan niat baik dan hati tulus.

"Saudara-saudara kita hari ini ada yang berangkat ke Jakarta dengan niat baik. Mari kita doakan yang ada di sana supaya tak terjadi yang aneh-aneh, karena tujuan kita sama yaitu berdoa untuk kedamaian dan ketenteraman bangsa Indonesia," paparnya dalam kegiatan tersebut.

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra menyatakan, bangsa Indonesia saat ini tengah dihadapkan pada masalah-masalah yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan. Untuk itu, pihaknya bersama ribuan umat muslim, tokoh masyarakat, ulama, TNI, dan Polri memanjatkan doa bersama untuk kedamaian, persatuan, dan kerukunan negeri ini.

"Indonesia sedang mengalami permasalahan sensitif yang mengatasnamakan agama. Sebagai umat terbesar, jangan sampai terpancing dengan isu-isu negatif, lebih baik menciptakan Cirebon yang aman dan damai," tuturnya.

Sementara, Rais Syuriah PCNU Kabupaten Cirebon KH Usamah Mansyur optimistis Indonesia akan tetap aman dan tenteram. Menurutnya, muslim di Indonesia merupakan umat yang dapat menghargai perbedaan dan memiliki sikap toleransi yang tinggi.

"Kami sebagai warga Kabupaten Cirebon tahu dan menghendaki negeri ini tetap aman dan kondusif," ujarnya.



(zik)
dibaca 3.937x
loading gif
Top