10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Dunia, Ada Indonesia?

Selasa, 25 Juli 2023 - 11:54 WIB
loading...
10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Dunia, Ada Indonesia?
Kemunculan pandemi Covid-19 yang mengguncang dunia dan beberapa peristiwa besar lainnya telah mempercepat lonjakan angka pengangguran global. Berikut 10 negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di dunia. Foto/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Kemunculan pandemi Covid-19 yang mengguncang dunia dan beberapa peristiwa besar lainnya dalam beberapa tahun terakhir telah mempercepat lonjakan angka pengangguran global. Setidaknya ada10 negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di dunia .



Penelitian menunjukkan, tingkat pengangguran di Amerika Serikat atau AS naik dari 3,8% pada Februari 2020 menjadi 13% pada Mei 2020 ketika pandemi melanda dunia, terutama disebabkan efek dari kebijakan lockdown yang hampir dilakukan semua negara.

Diperkirakan ada lonjakan lebih dari 14 juta pekerja yang menganggur di AS dari Februari hingga Mei 2020, imbas penutupan ekonomi. Dengan hilangnya lebih dari 20 juta pekerjaan antara Maret-April, tingkat pengangguran pada bulan April mencapai level tertinggi sejak Depresi Hebat tahun 1930-an, ketika tingkat pengangguran mencapai 25% di AS.



Sesuai Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS), sektor rekreasi dan industri perhotelan paling terpengaruh di antara semua industri. Penutupan sementara restoran, kafe, klub, dan perjalanan menyebabkan sekitar 3,4 juta kehilangan pekerjaan di AS, termasuk koki, agen perjalanan, hingga staf hotel dan resort.

Selain itu, sektor pendidikan, jasa, dan pemerintah mengalami kerugian terbesar kedua dan ketiga soal urusan ketenagakerjaan dan ekonomi. Sektor-sektor ini telah kehilangan lebih dari satu juta pekerjaan sejak wabah pandemi melanda dunia. Hampir 600.000 pekerjaan hilang dari sektor manufaktur imbas masalah rantai pasokan.

Meski seiring meredanya Pandemi, namun beberapa negara di seluruh dunia belum pulih sepenuhnya dari kerugian yang menimpa selama Pandemi. Selain itu penggunaan kecerdasan buatan telah terbukti meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi, namun kemajuan AI seperti ChatGPT juga mengubah lanskap ketenagakerjaan secara global.

Dalam membuat daftar 10 negara dengan tingkat pengangguran tertinggi, data yang digunakan berdasarkan Bank Dunia pada 2022. Selain itu dilihat juga PDB masing-masing untuk banyak negara. Berikut 10 negara dengan tingkat pengangguran tertinggi di dunia.

10. Somalia

Tingkat Pengangguran: 20%

Menjadi salah satu negara paling tidak berkembang di Afrika, negara ini membutuhkan lebih banyak investasi asing, dan pengangguran terus menjadi perhatian utama oleh pemerintah karena kurangnya akses ke pendidikan berkualitas.

9. Libya

Tingkat Pengangguran: 20,7%
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)