alexa snippet

Dua Kecamatan di Pangandaran Terendam Banjir

Dua Kecamatan di Pangandaran Terendam Banjir
Tampak kondisi banjir yang menerjang dua kecamatan di Pangandaran. Koran SINDO/Syamsul Maarif
A+ A-
PANGANDARAN - Dua kecamatan yang berada di Kabupaten Pangandaran yakni Kecamatan Padaherang dan Kecamatan Kalipucang menjadi tempat langganan banjir setiap terjadi hujan.

Salah satu warga Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Jumri (37) mengatakan, secara geografis Kecamatan Padaherang dan Kecamatan Kalipucang berdekatan dengan jalur sungai Citanduy.

"Sungai Citanduy tersebut keberadaannya lebih tinggi daripada daratan yang dijadikan permukiman warga, sehingga air dari sungai Citanduy sering meluap dan mengakibatkan banjir," kata Jumri.

Masih dikatakan Jumri, hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran Senin, (28/11/2016) pukul 19.00 WIB pun telah mengakibatkan banjir yang merendam perumahan warga dan tempat pasilitas umum lainnya.

"Malam tadi hujan deras dan air dari jalur sungai Citanduy meluap sehingga ketinggian banjir mencapai 1 meter," tambahnya.

Beruntung tidak terjadi korban jiwa dan kerusakan yang berat, namun akibat banjir tersebut warga tidak bisa beristirahat dengan nyaman lantaran banyak peralatan rumah tangga yang harus diamankan.

"Harusnya program pengerukan jalur sungai Citanduy segera dipercepat lantaran dampaknya merugikan masyarakat," papar Jumri.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangandaran Nana Ruhena mengatakan, dampak banjir yang terjadi di jalur Kecamatan Padaherang dan Kecamatan Kalipucang malam tadi mengakibatkan 55 Kepala Keluarga terendam.

"Titik sentral perumahan warga yang terendam banjir terjadi di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, hal itu disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi," kata Nana.

Berdasarkan pendataan yang telah dilakukan BPBD, terdapat 158 jiwa yang terkena dampak banjir, namun belum diketahui jumlah kerugian dan kerusakan secara terperinci.

dibaca 4.016x
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top