alexa snippet

Korban Bully di Sekolah Bisa Langsung Lapor ke Bupati

Korban Bully di Sekolah Bisa Langsung Lapor ke Bupati
Praktik bullying sangat berpengaruh bagi perkembangan anak yang menjadi korban / ilustrasi
A+ A-
KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten Karanganyar serius untuk memberantas praktik bullying di sekolah. Berbagai upaya terus dilakukan agar praktik semacam itu tidak terjadi di Kabupaten Karanganyar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, praktik bullying dalam bentuk apapun tidak boleh dilakukan. Bahkan sampai hal terkecil, seperti mengejek temannya sendiri, menurutnya tidak boleh dilakukan. Apalagi bullying dalam bentuk yang besar sampai taraf intimidasi.

Dia mengungkapkan, praktik semacam itu sangat berpengaruh bagi perkembangan anak yang menjadi korban. Anak korban bullying akan terhambat perkembangannya, karena merasa dirinya kurang. Selain itu, anak tersebut juga takut bergaul dengan orang lain. Pasalnya, dia takut jika bergaul maka akan kembali menjadi korban bullying.

"Menghina teman itu tidak boleh, pengaruh psikologisnya sangat luar biasa," ucap Juliyatmono, Sabtu (26/11).

Juliyatmono mengatakan jika praktik tersebut masih terus terjadi, pihaknya meminta kepada korban atau orang yang mengetahuinya untuk melaporkan ke Pemkab Karanganyar. Tidak tanggung-tanggung, dia siap terjun ke lapangan sendiri untuk menyelesaikan masalah tersebut dan agar tidak kembali terulang.

"Siapapun pelakunya laporkan saja langsung ke bupati, nanti akan kita tindak lanjuti secara langsung," ucapnya.

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, menambahkan, agar praktik bullying tidak lagi terjadi di Karanganyar, pihaknya bakal menerjunkan tim ke lapangan. Mereka nantinya akan memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah serta kelompok masyarakat yang ada.

Menurutnya, tim juga akan memberikan penyuluhan terkait permasalahan kekerasan seksual terhadap anak. Apalagi seperti diketahui, akhir-akhir ini juga banyak terjadi kasus semacam itu. Agar tidak berkelanjutan lebih baik diantisipasi, salah satunya dengan cara sosialisasi atau penyuluhan ke lapangan.

Harapannya ke depan generasi penerus di Karanganyar akan mendapatkan perlakuan yang layak hingga mereka dewasa. Sehingga nantinya mereka bisa menularkan hal semacam itu kepada anak-anaknya kelak.



(nug)
dibaca 6.442x
loading gif
Top