alexa snippet

Tebing Longsor Timpa Rumah dan Jalan di Kuningan

Tebing Longsor Timpa Rumah dan Jalan di Kuningan
Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Kuningan Jawa Barat sejak malam tadi membuat tebing penahan tembok setinggi 8 meter di Desa Bungur Beres, Kecamatan Cilebak longsor. Foto/iNews TV/Toiskandar
A+ A-
KUNINGAN - Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sejak malam tadi membuat tebing penahan tembok setinggi 8 meter di Desa Bungur Beres, Kecamatan Cilebak longsor. Akibatnya membuat satu rumah warga tertimpa material tanah yang mengakibatkan tembok retak-retak serta puluhan rumah lainnya rusak Sabtu (26/11/2016).

Selain itu tebing longsor juga menimpa akses jalan warga desa tersebut sehingga para pengendara harus ekstra hati-hati karena jalan tertutup material tanah.

Sejumlah warga dibantu oleh unsur TNI berusaha menyingkirkan material tanah. Tim BPBD Kuningan yang datang ke lokasi kejadian langsung melakukan pendataan dan memberikan bantuan berupa logistik. Untuk mengantisipasi longsor susulan warga memasang terpal serta penahan tebing dengan karung berisi tanah.

Menurut Sopyan petugas BPBD Kuningan, intensitas hujan yang masih tinggi di wilayah Kabupaten Kuningan mengakibatkan tebing longsor di 11 desa. Tebing longsor menimpa sejumlah rumah serta menimpa akses jalan di beberapa lokasi.

Di perkirakan tebing longsor akibat tanah yang labil karena berada di daerah perbukitan. “Kita mengimbau kepada warga untuk tetap waspada jika hujan deras segera mengungsi yang lebih aman,” kata Sopyan, Sabtu (26/11/2016).

Herdi salah satu warga mengatakan, tebing penahan tembok longsor pascadiguyur hujan deras selama lima jam. Warga pun langsung berhamburan keluar takut tertimpa longsoran.

“Kami berharap kepada pihak terkait untuk segera membantu untuk memperbaiki tebing yang longsor. karena khawatir ada longsor susulan dan mengakibatkan korban jiwa,” tandasnya.
 



(sms)
dibaca 6.125x
loading gif
Top