alexa snippet

Kereta Hantam Sedan di Cirebon, Tiga Tewas Seketika

Kereta Hantam Sedan di Cirebon, Tiga Tewas Seketika
Kondisi Sedan jenis Vios yang rusak parah akibat dihantam kereta api di Cirebon. Koran SINDO/Erika Lia
A+ A-
CIREBON - Tiga orang tewas seketika setelah mobil yang mereka tumpangi ditabrak kereta api (KA) di Desa Danamulya, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jumat (25/11/2016).

Para korban tewas itu tengah menumpang mobil sedan Toyota Vios bernomor polisi B 1332 SAJ, sebelum kemudian tertabrak KA Sawung Galih relasi Kutoharjo-Jakarta dengan masinis Tito.

Ketiga korban yakni Hari Nugraha (44), pengemudi mobil, warga Jalan Neglasari IV, Bandung, Ridho Wahyu Putra (36), warga Desa Sukapura, Kiara Condong, Bandung dan RS Kamalaprasad Warga Negara Asing asal India.

Berdasarkan informasi, kejadian itu berawal ketika mobil korban melaju dari arah Slambitan, Kabupaten Cirebon, tiba-tiba berhenti di tengah rel kereta.

Dari arah timur kemudian datang KA Sawung Galih yang langsung menabrak mobil dan menyeretnya sejauh sekitar 50 meter.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Krisbiyantoro menyatakan, kecelakaan KA dengan sedan itu menewaskan toga orang di lokasi kejadian. Meski begitu, insiden itu dipastikannya tak sampai mengganggu perjalanan KA lainnya.

"KA berhenti untuk memastikan ada tidaknya kerusakan pada lokomotif yang berpotensi mengganggu perjalanan KA lain," katanya.

Perlintasan KA di lokasi kejadian sendiri diakuinya tak dilengkapi palang pintu. Dia menyebutkan, setidaknya tercatat 212 lintasan sebidang di Daop 3 Cirebon.
Dari jumlah itu, sekitar 60% di antaranya tak beralang pintu. "Lintasan sebidang yang terjaga palang pintu hanya 71 lintasan," cetusnya.

Terpisah, Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Hariyanto mengatakan, penyebab kecelakaan itu diduga akibat mobil mengalami mati mesin di perlintasan sebidang tak berpalang pintu. Dia juga membenarkan ketiga korban tewas seketika dalam peristiwa tersebut.

"Kemungkinan ada masalah teknis pada mobilnya, sehingga berhenti mendadak di lintasan sebidang yang tak dijaga," pungkasnya.



(nag)
dibaca 11.350x
loading gif
Top