alexa snippet

Rumah Janda di Ciamis Diterjang Longsor

Rumah Janda di Ciamis Diterjang Longsor
Salah satu rumah milik warga mengalami kerusakan cukup parah setelah tertimpa longsor. Foto/KORAN SINDO/Dadang Hermansyah
A+ A-
CIAMIS - Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Ciamis, Jawa Barat, sejak Kamis sore hingga Jumat (25/11/2016) membuat tebing setinggi 4 meter dengan panjang 15 meter di Dusun Nanggewer, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, longsor.

Longsor tersebut menimpa satu rumah permanen milik janda tua, Siti Maryanah (60), hingga mengalami kerusakan cukup parah pada bagian atap hingga tiga ruang kamar tidur. Selain itu juga mengancam satu rumah milik Yayah yang berada di atas tebing.

"Kejadiannya saat hujan deras turun, diduga tebing tidak kuat menahan air hujan," ujar Yayah saat ditemui di lokasi longsor, Jumat (25/11/2016).

Kata dia, beruntung bencana longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, karena saat peristiwa terjadi pemilik rumah kebetulan tidak sedang berada di dalam. Pemilik rumah sempat pingsan karena melihat kondisi rumahnya yang rusak. Lebih lanjut, janda dan anaknya itu sementara mengungsi ke kerabat terdekat sampai rumah dibersihkan dari material longsoran.

Kerugian dari longsoran tersebut mencapai sekitar Rp65 juta. Masyarakat setempat dibantu aparat desa dan anggota TNI saat ini berupaya membersihkan longsoran.

Wakil Bupati Ciamis Oih Burhanudin langsung meninjau lokasi longsor. Kata dia, setiap ada kejadian bencana pihaknya langsung gerak cepat dengan BPBD Ciamis dan Dinsosnakertrans.

"Ini tebing yang longsor, untuk penanganannya akan dibuat tembok penahan tebing dengan dua tingkat," ujarnya di lokasi longsor.

Oih mengimbau kepada seluruh warga Ciamis di musim hujan yang ekstrem saat ini agar tetap waspada. Karena Ciamis sebagai salah satu daerah yang potensi bencananya cukup tinggi.

"Masyarakat lebih hati-hati, terutama di daerah yang rawan longsor di Ciamis Utara dan rawan banjir," pungkasnya.



(zik)
dibaca 4.655x
loading gif
Top