SpaceX Siap Luncurkan Roket Pendorong Starship Super Heavy

Sabtu, 22 Juli 2023 - 22:33 WIB
loading...
SpaceX Siap Luncurkan Roket Pendorong Starship Super Heavy
SpaceX menyiapkan Booster 9, iterasi terbaru dari kendaraan Starship Super Heavy, ke landasan peluncuran di fasilitas Starbase di Texas Selatan untuk melakukan uji terbang. Foto/SpaceX/Teslarati
A A A
TEXAS - SpaceX menyiapkan Booster 9, iterasi terbaru dari kendaraan Starship Super Heavy, ke landasan peluncuran di fasilitas Starbase di Texas Selatan untuk melakukan uji terbang. SpaceX memposting dua foto di Twitter yang mengabadikan akhir dari proses tersebut pada Jumat 21 Juli 2023.

Salah satu foto menunjukkan kendaraan raksasa itu diturunkan ke dudukan peluncuran orbit. Sebagian besar dari 33 mesin Raptor-nya terlihat, terkena cahaya oranye yang menghadap ke atas membuatnya tampak seperti sedang ditembakkan.

Booster 9 terletak di atas tunggangan pada bidikan kedua, Raptor-nya disembunyikan oleh infrastruktur peluncuran. Di kedua foto, langit Texas Selatan yang gelap berkilauan dengan ratusan bintang.



Starship adalah sistem transportasi generasi mendatang SpaceX, yang dikembangkan perusahaan untuk membawa kargo dan manusia ke bulan, Mars, dan sekitarnya. Kendaraan ini terdiri dari dua elemen yang dapat digunakan Kembali, Super Heavy dan pesawat ruang angkasa tingkat atas setinggi 50 meter yang disebut Starship.

Starship yang terisi penuh telah terbang hanya sekali hingga saat ini, pada penerbangan uji coba 20 April yang bertujuan untuk mengirim tingkat atas jauh di sekitar Bumi. Tetapi kendaraan mengalami beberapa anomali tak lama setelah lepas landas, dan SpaceX mengirimkan perintah penghancuran diri, empat menit setelah penerbangan ketika Starship berada di atas Teluk Meksiko.
SpaceX Siap Luncurkan Roket Pendorong Starship Super Heavy


Booster 9 akan dipasangkan dengan prototipe tahap atas Kapal 25 untuk uji terbang yang akan datang, yang akan memiliki tujuan yang sama dengan yang pertama. “Misi uji coba dapat diluncurkan paling cepat musim panas ini,” kata pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk, dikutip SINDOnews dari laman Space, Sabtu (22/7/2023).



Dia mengasumsikan tidak ada masalah peraturan yang menunda peluncuran. Meskipun, koalisi kelompok lingkungan saat ini menggugat Administrasi Penerbangan Federal AS, akibat kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh Starship pada ekosistem Texas Selatan.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5072 seconds (0.1#10.140)