Bupati Kudus Kukuhkan Forum UMKM Blora

Kamis, 24 November 2016 - 19:55 WIB
Bupati Kudus Kukuhkan Forum UMKM Blora
Bupati Kudus Kukuhkan Forum UMKM Blora
A A A
BLORA - Tujuan utama keberadaan pemerintah adalah menyejahterakan masyarakat. Baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah di wilayah provinsi maupun kabupaten/kota.

Untuk bisa meraih tujuan tersebut ada tahapan dan proses yang harus dilewati. Sehingga, perlu adanya keseriusan bersama semua pihak. Salah satunya jalinan kerja sama antardaerah.

Sebagaimana yang berlangsung di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Kamis (24/11/2016), dilakukan penandatanganan MoU kerjasama Pemkab Kudus dengan Pemkab Blora. Yang tujuannya adalah meraih kemajuan bersama di segala bidang.

Salah satu poin dalam kerjasama tersebut adalah peningkatan kesejahteraan melalui ekonomi kerakyatan. Untuk itu, pagi itu juga dilakukan pengukuhan Forum UMKM Kabupaten Blora oleh H. Musthofa Bupati Kudus yang juga pembina Forum UMKM Jateng.

Musthofa mengatakan bahwa dengan forum UMKM tersebut akan memperluas jaringan bisnis. Sehingga produk UMKM Blora tidak hanya dipasarkan di pasar lokal saja, melainkan bisa dikenal dengan semakin luas.

"Apalagi jika didukung dengan pemanfaatan IT, pemasaran tak terbatas tempat dan waktu," kata Musthofa.

Dikatakan, kekuatan pelaku UMKM ini penyangga ekonomi kerakyatan yang sesungguhnya. Potensi yang begitu besar akan menjadi luar biasa manakala potensi yang ada digerakkan dengan tepat.

"Kami (negara) telah hadir memberikan fasilitas permodalan hingga pemasaran. Melalui fasilitas kredit apa pun, silakan karena itu membantu peningkatan produktivitas usaha," imbuhnya.

Adanya berbagai kredit usaha, ini sudah seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Yaitu KUR, Mitra 25, atau KUP semua adalah fasilitas. Bahkan KUP hasil gagasannya memberikan pinjaman usaha tanpa jaminan dengan bunga ringan.

Sementara itu, Bupati Blora Joko Nugroho menyambut baik terbentuknya forum UMKM Kabupaten Blora. Menurutnya ini kesempatan emas pelaku usaha semakin produktif untuk meraih sukses.

"Saya berharap semua pelaku usaha ini tetap bersemangat dan memiliki kreativitas," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5811 seconds (0.1#10.140)