Bantu Warga Papua di Perbatasan, Prajurit TNI AD Perbaiki Jaringan Air Bersih

Sabtu, 22 Juli 2023 - 11:57 WIB
loading...
Bantu Warga Papua di Perbatasan, Prajurit TNI AD Perbaiki Jaringan Air Bersih
Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini Yonif 132/Bima Sakti, bersama Kodam XVII/Cenderawasih mambantu warga Papua di perbatasan dengan berhasil memperbaiki jaringan air bersih. Foto/Dok. Yonif 132/Bima Sakti
A A A
JAYAPURA - Demi meringankan beban masyarakat Papua, yang tinggal di perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Prajurit TNI AD dari Yonif 132/Bima Sakti yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas), memperbaiki jaringan air bersih.



Perbaikan jaringan air bersih di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini tersebut, juga mendapatkan perhatian serius dari Pangkostrad, Letjen TNI Maruli Simanjuntak, bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan.



Para prajurit Yonif 132/Bima Sakit berhasil melakukan perbaikan dan normalisasi sumber mata air, dan membangun jaringan pipa air bersih untuk dialirkan ke permukiman warga Skouw, Kota Jayapura, yang lokasinya berbatasan langsung dengan wilayah Wutung, Papua Nugini.



Pembangunan jaringan air bersih ini, bermula dari laporan masyarakat di perbatasan Skouw, kepada Pos Komando Utama Satgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif 132/Bima Sakti, tentang kondisi warga yang kesulitan mendapatkan air bersih.

Tim TNI AD Manunggal Air Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl. Reki Feriyanto bersama Wadansatgas Pamtas Indonesia-Papua Nugini Yonif 132/Bima Sakti, Mayor Inf. Zulfikar Rakita Dewa, Kapolsub Sektor Skouw, Babinsa Koramil Muara Tami, aparatur PLBN Skouw, serta masyarakat perbatasan langsung melakukan peninjauan ke bendungan air di perbatasan Skouw-Wutung.

Dari hasil peninjauan tersebut, ditemukan kondisi bendungan air tertimbun lumpur, batu, pasir, serta pohon tumbang akibat longsor. Kondisi ini membuat air tidak dapat mengalir secara normal, dan menyumbat bak penampungan air. Selain itu juga ditemukan banyak pipa yang rusak, patah dan putus.

Bantu Warga Papua di Perbatasan, Prajurit TNI AD Perbaiki Jaringan Air Bersih
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)