Puasa Tasu'a 2023: Ini Bacaan Niat dan Keutamaannya

Rabu, 19 Juli 2023 - 18:45 WIB
loading...
Puasa Tasua 2023: Ini Bacaan Niat dan Keutamaannya
Bacaan niat puasa Tasu’a beserta keutamaannya menjadi tambahan informasi yang penting diketahui. Puasa sunnah ini bisa dikerjakan pada hari ke-9 bulan Muharram. Foto ilsutrasi/ist
A A A
Bacaan niat puasa Tasu’a beserta keutamaannya menjadi tambahan informasi yang penting diketahui. Puasa sunnah ini bisa dikerjakan pada hari ke-9 bulan Muharram.

Umat Muslim telah memasuki bulan Muharram 1445 Hijriah/2023. Dari sekian banyak amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan, salah satu di antaranya adalah puasa sunnah.
Pada bulan Muharram sendiri, terdapat sejumlah puasa sunnah yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah puasa 1 Muharram, puasa Tasu’a, dan puasa Asyura. Khusus pada pembahasan ini, akan dijelaskan lebih banyak tentang puasa Tasu’a.

Apa itu Puasa Tasu’a?

Puasa Tasu’a menjadi salah satu jenis amalan yang bisa dikerjakan umat Muslim ketika berada di bulan Muharram. Terkait waktunya sendiri, jenis puasa ini dilakukan pada 9 Muharram. Pada pelaksanaannya, puasa Tasu’a dikerjakan sehari sebelum melaksanakan puasa Asyura. Melihat sejarahnya, puasa Tasu’a dilakukan untuk membedakan ibadah umat Yahudi yang kerap berpuasa juga pada 10 Muharram.

Pelaksanaan puasa Tasu’a sendiri telah dijelaskan dalam sejumlah hadis. Dari Ibnu Abbas dia berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Apabila (usia)-ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada hari kesembilan". (HR Muslim)

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda: "Puasalah kalian pada hari 'Asyura dan berbedalah dengan orang Yahudi. Puasalah kalian sehari sebelumnya (Tasu'a) atau sehari sesudahnya." (HR Ahmad, Ath-Thahawy, Al-Baihaqi dan Ibnu Khuzaimah 2095).

Niat Puasa Tasu’a

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى


Latin: “Nawaitu shauma ghadin an Adaa-i sunnatit Tasuu'a lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku berniat puasa sunnah Tasu'a besok hari karena Allah Ta'ala."

Keutamaan Puasa Tasu’a

Hadis terkait keutamaan puasa Tasu’a bisa diketahui dari salah satu riwayat Imam Muslim.

أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم


Artinya: “Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim).

Imam An Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim menyebutkan bahwa hadits di atas menunjukkan Muharram sebagai bulan yang mulia untuk melaksanakan puasa sunnah.

Demikian ulasan mengenai niat dan keutamaan puasa Tasu’a. Semoga bermanfaat.


Wallahu a’lam.
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)