Khasiat Surah Luqman, Salah Satunya Menghentikan Pendarahan

Rabu, 19 Juli 2023 - 11:50 WIB
loading...
Khasiat Surah Luqman, Salah Satunya Menghentikan Pendarahan
QS Luqman, hendaklah dituliskan bagi orang yang mengalami pendarahan dan berbagai penyakit lainnya. Foto/Ilustrasi: SINDOnes
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Luqman , Al-Muqaddam mengatakan, hendaklah dituliskan bagi orang yang mengalami pendarahan dan berbagai penyakit lainnya.

Selain, mengobati dan menghentikan pendarahan, keistimewaan lain Surah Luqman, bagi yang membacanya diberi sepuluh kebaikan sejumlah orang yang amar makruf nahi munkar, serta sebagai wasilah obat sakit perut .



Selain itu, Allah memerintahkan malaikat untuk melindunginya dari Iblis dan bala tentaranya pada malam itu hingga pagi harinya, atau sejak pagi hari hingga malamnya.

Dalam kitab "Tsawabul A'mal" disebutkan Abu Ja'far berkata, "Barangsiapa yang membaca Surat Luqman di setiap malam, maka Allah akan memerintahkan malaikat untuk melindunginya dari Iblis dan bala tentaranya pada malam itu hingga pagi harinya, atau sejak pagi hari hingga malamnya."

Sedangkan dalam kitab "Mujma'ul Bayan" disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Luqman akan menemuinya di hari kiamat, ia diberi sepuluh kebaikan sejumlah orang yang amar ma'ruf nahi munkar."

"Dan siapa yang menulisnya dan meminumkan (air)nya kepada orang yang di dalamnya terdapat penyakit, maka akan hilang penyakitnya. Dan apabila ada orang yang banyak mengeluarkan darah, baik laki-laki maupun perempuan, maka gantungkan (tulisan melindunginya dari Iblis dan bala tentaranya pada malam itu hingga pagi harinya, atau sejak pagi hari hingga malamnya) itu pada tempat yang terluka tersebut, maka akan berhenti darahnya, dengan izin Allah."



Nasihat Luqman

Surat Luqman artinya adalah "Luqman" (sebuah nama). Surat ini terdiri atas 34 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Ash-Shaffat.

Ia dinamakan Luqman, karena pada ayat ke 12 disebutkan bahwa Luqman telah diberi nikmat dan ilmu pengetahuan oleh Allah.

Sedangkan pada ayat 13-19, disebutkan tentang nasihat-nasihat Luqman kepada anak-anaknya. Ini menjadi isyarat bahwa orang tua memang harus memberi nasihat kepada anak-anaknya sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Luqman.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3709 seconds (0.1#10.140)