10 Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia

Rabu, 19 Juli 2023 - 04:15 WIB
loading...
10 Negara dengan Paspor Terkuat di Dunia
Paspor Singapura merupakan terkuat di dunia. Foto/hindustantimes
A A A
SINGAPURA - Selama lima tahun yang panjang, Jepang telah duduk manis di posisi nomor 1 dalam Indeks Paspor Henley. Tapi musim panas ini, Jepang terlempar dan digantikan Singapura .

Indeks Paspor Henley mengukur kebebasan perjalanan global dalam hal seberapa banyak akses bebas visa dan visa sesuai permintaan ke dunia yang dinikmati oleh warga negara yang berbeda.

Melansir CNN, untuk musim panas 2023, Jepang terlempar ke posisi ketiga dan pemegang gelar baru adalah Singapura, yang warganya dapat mengunjungi 193 tujuan dari 227 tujuan bebas visa di seluruh dunia.

Dan sementara Asia telah lama mendominasi puncak papan peringkat dalam indeks yang dibuat oleh firma penasihat kewarganegaraan dan tempat tinggal global yang berbasis di London, Henley & Partners, ternyata menunjukkan Eropa bangkit kembali.



Jerman, Italia, dan Spanyol semuanya naik ke posisi kedua dengan akses bebas visa ke 190 tujuan, sementara Jepang dan Korea Selatan bergabung di slot No.3 bersama Austria, Finlandia, Prancis, Luksemburg, dan Swedia. Warga dari tujuh negara yang luar biasa itu menikmati akses ke 189 tujuan tanpa memerlukan visa sebelumnya.

Amerika Serikat dan Inggris sama-sama berada di lintasan menurun sejak hari-hari tenang ketika mereka bersama-sama memegang posisi No.1 pada tahun 2014, tetapi Inggris, setidaknya, tampaknya membalikkan keadaan. Itu membuat lompatan dua peringkat dengan sigap ke posisi No.4 di peringkat, posisi yang tidak dipegangnya sejak 2017. AS, sementara itu, telah turun dua peringkat lagi ke peringkat delapan, dengan akses ke hanya 183 tujuan bebas visa.

Indeks Paspor Henley didasarkan pada data dari International Air Transport Association (IATA) dan memeringkat 199 paspor di seluruh dunia. Ini diperbarui secara real time sepanjang tahun, saat dan saat perubahan kebijakan visa mulai berlaku.

Dalam rilis terbarunya, Henley & Partners mencatat bahwa selama sejarah pemeringkatan berusia 18 tahun, rata-rata jumlah tujuan yang dapat diakses wisatawan bebas visa hampir dua kali lipat, dari 58 pada tahun 2006 menjadi 109.

Namun, kesenjangan kebebasan bepergian antara mereka yang berada di peringkat teratas dan terbawah semakin lebar dari sebelumnya. Warga Afghanistan hanya bisa mengunjungi 27 destinasi tanpa visa sebelumnya, tepat di bawah Irak (dengan 29 destinasi) dan Suriah (dengan 30).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)