Di Cimahi, Reuni SMA Ditandai Bersih-bersih Kota

Kamis, 10 November 2016 - 19:54 WIB
Di Cimahi, Reuni SMA Ditandai Bersih-bersih Kota
Di Cimahi, Reuni SMA Ditandai Bersih-bersih Kota
A A A
JAKARTA - Reuni lazimnya lekat dengan pesta dan hiburan. Namun para alumni sebuah SMA negeri di Cimahi, Jawa Barat, punya konsep unik dan berbeda. Selain mengenang masa-masa indah saat remaja dan bersilaturahmi, mereka juga menggelar bakti sosial bersih-bersih kota.

Sedikitnya sembilan ruas jalan di pusat Kota Hijau tersebut akan menjadi target lokasi kegiatan bertajuk #1000AlumniSapuCimahi yang bakal digelar Ikatan Alumni SMAN 2 Cimahi pada Minggu 13 November 2016. Acara ini merupakan rangkaian Reuni Akbar SMAN 2 Cimahi yang dipusatkan di Lapangan Rajawali pada hari yang sama.

Ketua Ika SMAN 2 Cimahi, Brigjen TNI Nugraha Gumilar mengatakan, lebih dari 2.400 alumni dari semua angkatan telah mendaftarkan diri untuk terlibat. Mereka akan disebar di sembilan titik tadi dengan ”senjata utama” sapu lidi dan pengki.

Menurut dia, ide sasapu massal ini tercetus secara spontan saat kumpul-kumpul beberapa alumni beberapa bulan lalu. ”Karena unik, kuat rasa kebersamaan, kuat rasa persaudaraan, dan kuat rasa kepedulian terhadap kota yang telah membesarkan kita semua, maka ide ini langsung disetujui. Kami gulirkan pula melalui berbagai media sosial, ternyata dukungannya semakin besar,” kata Nugraha kepada SINDOnews di Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Selain sasapu massal, para alumni juga menyumbangkan 35 tong sampah, 1 motor pengangkut sampah roda tiga, dan sembako bagi para petugas lapangan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi.

Sembilan ruas jalan lokasi sasapu massal nanti adalah Pojok, Tagog-Kodim, Gedung Empat-Pasar Antri, sekitar Lapangan Rajawali, Pusdik Armed-Stasiun Cimahi, Pusdik Armed-Gerbang Tol Baros, RS Dustira-Stasiun Cimahi, Jalan Sriwijaya-Pasar Antri, dan Jalan Gandawijaya-Alun-Alun Cimahi. Para alumni juga akan melakukan sasapu di sekitar SMAN 2 Cimahi.

Nantinya para alumni dibantu personel TNI serta personel DKP. Seusai sasapu, mereka berkumpul di Lapangan Rajawali mengikuti rangkaian acara reuni yang dipandu MC kondang Denny P Project.

Kepala DKP Kota Cimahi Aris Permono mengungkapkan, kegiatan ini manfaatnya besar. Acara yang biasanya memproduksi sampah diubah menjadi mengumpulkan sampah. ”Karena itu kami sangat mendukung program ini. Masyarakat pun diharapkan ikut serta beramai-ramai turun ke jalan membersihkan lingkungan,” katanya.

Dia mengatakan, tong-tong sampah sumbangan para alumni berlogo Ika SMAN 2 Cimahi akan ditempatkan di sejumlah fasilitas umum seperti puskesmas, rumah sakit, dan kantor pemerintahan. Sedangkan motor dan sapu dijadikan alat operasional.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5038 seconds (0.1#10.140)