TMMIN Dukung Dekarbonisasi Pemerintah

Rabu, 12 Juli 2023 - 18:50 WIB
loading...
TMMIN Dukung Dekarbonisasi Pemerintah
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menegaskan komitmennya untuk mendukung dekarbonasi yang dicanangkan pemerintah.Tampak Presdir TMMIN Nandi Julyanto dan mantan Presdir TMMIN Warih Andang Tjahjono. Foto: Sindonews/Anton Chris
A A A
JAKARTA - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN ) menegaskan komitmennya untuk mendukung dekarbonasi yang dicanangkan pemerintah. “Era elektrifikasi industri otomotif nasional akan semakin kompetitif dan mensyaratkan semakin banyak kehadiran kendaraan ramah lingkungan demi masa depan generasi penerus yang lebih hijau,”tegas Wakil Presdir TMMIN Bob Azam dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Rabu (12/7).

Dia menegaskan, dengan model-model mobil berteknologi elektrifikasi (HEV, PHEV, BEV, dan FCEV) diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pencapaian target Dekarbonisasi Pemerintah Indonesia. “Dengan menjangkau lebih banyak konsumen dengan kebutuhannya masing-masing,” katanya.

Menurut Bob, TMMIN memiliki cita-cita untuk terus meningkatkan kedalaman industri dalam negeri dengan mengembangkan dan menguatkan potensi industri otomotif nasional. “Kami menyakini industri otomotif yang kuat dapat ditopang oleh fondasi SDM unggul, sebagai elemen terpenting dalam menghasilkan produk-produk otomotif terbaik berteknologi tinggi, untuk menjawab berbagai tantangan serta menajamkan posisi serta potensi Indonesia dalam persaingan global,” paparnya.

Tak hanya pasar domestik, Bob mengatakan, TMMIN juga melakukan ekspor kendraan elektrifikasi ke mancanegara. Salah satunya Yaris Cross hybrid. Baterai listrik Yaris Cross juga dirakit lokal oleh Toyota Indonesia di pabrik Karawang 2 sementara mesin diproduksi di pabrik Karawang 3. Produksi Yaris Cross juga menjadi bukti tingkat kedalaman industri manufaktur otomotif nasional ke level industri komponen lokal yang lebih dominan.

“Produksi lokal Yaris Cross, termasuk baterai dan mesin, menjadi bentuk kontribusi Toyota untuk terus meningkatkan kedalaman industri dalam negeri khususnya dalam meningkatkan jumlah rantai pasok lokal yang terlibat. Dengan memproduksi Yaris Cross, TMIIN menambah hingga 12 supplier baru sehingga total 116 supplier,” ujarnya.



Presdir TMMIN Nandi Julyanto menegaskan, TMMIN akan terus melanjutkan strategi yang dicanangkan sebelumnya. TMMIN bertekad untuk terus berkontribusi di industri otomotif nasional dengan mengembangkan lebih banyak lagi produksi lokal kendaraan berteknologi elektrifikasi yang lebih beragam. “Kedepannya, TMMIN akan terus memberikan kemampuan terbaik untuk lebih berkontribusi pada bangsa Indonesia termasuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor di era elektrifikasi,” sebutnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2908 seconds (0.1#10.140)