6 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Bandara Selain Pilot, Kamu Tertarik?

Rabu, 12 Juli 2023 - 10:51 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Bandara Selain Pilot, Kamu Tertarik?
Bekerja di dunia penerbangan khususnya di bandara menjadi dambaan banyak orang. Untuk bisa bekerja di bandara ada sejumlah jurusan kuliah yang bisa dijadikan tempat studi. Foto/Iaman PSPP penerbangan
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan kuliah ini lulusannya bisa kerja di bandara selain pilot . Tahukah kamu bahwa ternyata ada beragam pilihan jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara selain pilot.

Tak kalah dengan profesi pilot, beberapa pilihan jurusan ini juga memiliki prospek kerja cerah. Pekerjaan di bandara yang terkait dengan dunia penerbangan ada sangat banyak. Mulai dari teknisi, air traffic controller, hingga manajemen.Dirangkum dari berbagai sumber, ini 6 jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara selain pilot.

Deretan Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Bandara Selain Pilot

1.Teknik Penerbangan (Aeronautika dan Astronautika)

Teknik Penerbangan adalah pilihan lain jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara. Aeronautika dan astronautika mempelajari ilmu pengetahuan di bidang kedirgantaraan.

Ilmu pengetahuan kedirgantaraan sendiri meliputi perancangan, pembuatan, hingga pengoperasian pesawat serta wahana antariksa lainnya.Lantas apa perbedaan antara aeronautika dan astronautika? Aeronautika mempelajari keteknikan pesawat yang dioperasikan di dalam atmosfer bumi.Misalnya pesawat komersil, helikopter, atau pesawat militer. Sedangkan astronautika mempelajari aspek penerbangan di luar atmosfer bumi.

2.Manajemen Penerbangan

Pilihan pertama yaitu jurusan Manajemen Penerbangan. Sesuai namanya, jurusan ini tentu berkaitan erat dengan pengelolaan penerbangan. Jika mengambil studi ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara menangani flight reservation, cargo handling, ground handling, ticketing.



Selain itu, pada jurusan manajemen penerbangan mahasiswa atau taruna juga mempelajari bagaimana pemeliharaan serta pengoperasian fasilitas keamanan penerbangan.Pada jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara ini terdapat tiga program studi (prodi). Kamu bisa memilih diantara tiga prodi berikut:

• Prodi Operasi Bandar Udara (OBU), yaitu mempelajari kecakapan bagi sub sektor perhubungan udara sehingga dapat menunjang sistem penerbangan aman, sehat, terkendali.

• Prodi Manajemen Transportasi Udara (MTU), yaitu mempelajari tentang ilmu pengetahuan pada bidang transportasi udara. Ilmu ini antara lain mencakup kebandarudaraan, jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

• Prodi Administrasi Perhubungan Udara (APU), yaitu studi keadministrasian khususnya bidang dunia penerbangan.

3.Teknik Pesawat Udara

Jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara selanjutnya adalah Teknik Pesawat Udara (TPU). Teknik pesawat udara termasuk ke jenjang pendidikan diploma II (D2).

Jika tertarik dengan studi ini, kamu bisa mendaftarkan diri dan menjadi taruna atau taruni ke sekolah-sekolah penerbangan.
Taruna di teknik pesawat udara diajarkan mengenai bagian-bagian mesin serta rangka pesawat. Tujuannya agar dapat memberikan perlakuan secara tepat pada pesawat.

4. Keselamatan Penerbangan

Jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara berikutnya yaitu Keselamatan Penerbangan. Keselamatan adalah hal utama dalam dunia transportasi baik darat, laut, maupun udara.



Risiko kecelakaan pesawat memang lebih kecil diantara moda transportasi lainnya. Meski demikian, pesawat yang mengalami kecelakaan tingkat keselamatannya sangat rendah.Tidak ada satupun pihak yang siap akan terjadinya kecelakaan pesawat terbang. Sehingga studi tentang keselamatan penerbangan mutlak sangat dibutuhkan.

5. Lalu Lintas Udara

Jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara berikutnya yaitu Lalu Lintas Udara (LLU). Di jurusan ini, para taruna dipersiapkan menjadi pemandu lalu lintas udara.Pemandu lalu lintas udara atau air traffic controller (ATC) bekerja serta bertanggung jawab memantau pergerakan pesawat baik ketika masih di darat hingga terbang ke udara.

Dari tower ATC, pemandu lalu lintas udara juga akan berkomunikasi dengan pilot. ATC memberikan instruksi serta menerima laporan dari pilot.Pemantauan pergerakan tersebut dilakukan sejak pesawat hendak take off dari bandara asal sampai landing di bandara tujuan.

6. Manajemen Maskapai dan Bandara

Secara umum, jurusan ini mempelajari segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan bandar udara serta maskapai penerbangan.
Pengelolaan tersebut antara lain mencakup customer service, arus penumpang dan lintasan pesawat, kepatuhan terhadap peraturan penerbangan, hingga rekrutmen pegawai.

Transportasi udara tidak bisa berjalan tanpa adanya sinergi antar sumber daya manusia dengan berbagai keahlian berbeda yang saling melengkapi.Kamu tidak harus menjadi pilot. Kamu bisa menempuh pendidikan jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara dengan profesi lain dan prospek kerja yang menjanjikan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5099 seconds (0.1#10.140)