Bagaimana Cara Sembuhkan Nyeri Asam Urat pada Lutut? Ini yang Manjur

Rabu, 12 Juli 2023 - 07:19 WIB
loading...
Bagaimana Cara Sembuhkan Nyeri Asam Urat pada Lutut? Ini yang Manjur
Serangan asam urat pada umumnya terdapat pada jempol kaki. Namun, ada juga yang menyebar ke area persendian, terutama pada bagian lutut. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Serangan asam urat pada umumnya terdapat pada jempol kaki. Namun, ada juga yang menyebar ke area persendian, terutama pada bagian lutut yang disebut dengan asam urat di lutut.

Asam urat merupakan kondisi yang bisa terjadi ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kristal asam urat terbentuk di sendi dan jaringan lain

Asam urat pada bagian lutut dapat mengakibatkan seseorang akan merasa kesakitan dan sulit beraktivitas. Untuk bangkit dari posisi tidur hingga berdiri pun terkadang akan terasa sangat nyeri.



Hingga saat ini belum ada cara menyembuhkan asam urat secara total. Penanganan pada serangan asam urat sementara ini kebanyakan berfokus untuk mengurangi keparahan pada gejala selama kambuh dan mencegahnya di masa mendatang.

Cara Menyembuhkan Nyeri Asam Urat pada Lutut

Dilansir dari laman healthline, Rabu (12/7/2023), berikut beberapa obat yang dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat asam urat pada lutut.

1. NSAID (Nonsteroidal Anti-Inflammatory Agents Drugs)

NSAID adalah obat pereda nyeri non steroid yang banyak diresepkan untuk mengurangi nyeri asam urat. Beberapa obat NSAID tersebut telah dijual bebas seperti ibuprofen dan naproxen yang dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak selama serangan asam urat.


2. Colchicine

Colchicine merupakan obat resep yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri. Penderita asam urat pada lutut juga dapat meminumnya dalam waktu 24 jam setelah serangan asam urat.

3. Kortikosteroid

Kortikosteroid merupakan obat resep yang dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Obat ini diberikan pada pasien yang tidak bisa minum obat NSAID atau colchicine.

Selain obat yang diresepkan oleh dokter, penderita asam urat harus menghindari sumber makanan yang kaya akan purin di dalamnya. Beberapa sumber makanan yang mengandung purin tinggi di antaranya makanan laut, daging merah, minuman manis, dan minuman beralkohol.

Sementara itu, penderita asam urat juga harus rutin berolahraga dan memperbanyak asupan air putih, serta memantau kadar asam urat dalam darah. Penderita asam urat dapat memeriksakan diri secara rutin di rumah atau di layanan kesehatan yang menyediakannya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2495 seconds (0.1#10.140)