Tumbuh 285%, Laba Petrokimia Gresik Naik Jadi Rp3,23 Triliun

Senin, 10 Juli 2023 - 22:51 WIB
loading...
Tumbuh 285%, Laba Petrokimia Gresik Naik Jadi Rp3,23 Triliun
Di usia 51 tahun, Petrokimia Gresik terus berkoimitmen memakmurkan negeri. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Petrokimia Gresik terus memberikan kontribusi positif memajukan sektor pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan. Di usia 51 tahun terus berkoimitmen memakmurkan negeri.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo menyampaikan capaian ini merupakan buah dari komitmen dan inovasi yang dibangun insan Petrokimia Gresik untuk berkontribusi bagi kemajuan pertanian Indonesia.

Pada 2022, lanjutnya, Petrokimia Gresik dihadapkan pada perubahan regulasi pupuk bersubsidi melalui Permentan 10 Tahun 2022. Dari awalnya ada lima pupuk yang masuk dalam skema subsidi, sekarang tinggal Urea dan NPK saja. Begitu juga dengan komoditas yang disubsidi.

"Dari semula ada 70 komoditas, sekarang hanya sembilan komoditas saja yang berhak mendapatkan pupuk bersubsidi," ujar Dwi Satriyo melalui pernyataannya, dikutip, Senin (10/7/2023).



Dia mengatakan kinerja yang baik di tandai perolehan laba perusahaan di 2022 sebesar Rp3,23 triliun, atau sekitar 285 persen dari Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) sebesar Rp1,13 triliun. Laba tersebut menjadi laba terbesar yang berhasil dibukukan Petrokimia Gresik selama lebih dari 50 tahun memakmurkan negeri ini.

Selanjutnya, realisasi tingkat kesehatan perusahaan memperoleh skor 91 dengan predikat 'Sehat AA' atau lebih tinggi dibandingkan dengan skor RKAP sebesar 78 predikat Sehat A. Begitu juga dengan capaian Key Performance Indicator (KPI) perusahaan sebesar 106,11 persen atau lebih tinggi dibandingkan dengan RKAP sebesar 100 persen.

Kinerja berikutnya diwujudkan melalui inovasi insan Petrokimia Gresik sepanjang 2022 yang mampu menciptakan nilai tambah atau value creation sebesar Rp277 miliar bagi perusahaan. Capaian ini merupakan sumbangsih dari 91 persen karyawan yang terus berpikir improvement bagi perusahaan.

Selanjutnya, program Makmur Petrokimia Gresik menjadi solusi untuk memakmurkan negeri. Program yang diinisiasi Pupuk Indonesia dan selanjutnya menjadi program platform Kementerian BUMN ini berhasil membantu meningkatkan produktivitas pertanian dengan realisasi mencapai lebih dari 92 ribu hektare (ha) atau sekitar 93 persen dari target 2023 sebesar 99 ribu.



Tahun lalu, realisasi Program Makmur Petrokimia Gresik mencapai 116 persen dari target, yaitu seluas 98.598 ha dengan total serapan pupuk mencapai 63.779 ton. Capaian ini menunjukkan program ini merupakan wujud nyata solusi makmurkan negeri perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

"Dunia tidak hanya sedang berubah tetapi menghadapi tantangan era disrupsi. Pola bisnis lama bisa tiba-tiba menjadi usang dan muncul pola bisnis baru yang mengambil alih. Untuk itu kemampuan beradaptasi dan berkreasi menjadi tumpuan dalam berkompetisi," tutup Dwi Satriyo.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)