Warga Laporkan Pencemaran Sungai Cijaluhilir ke BPLH

Kamis, 20 Oktober 2016 - 16:26 WIB
Warga Laporkan Pencemaran Sungai Cijaluhilir ke BPLH
Warga Laporkan Pencemaran Sungai Cijaluhilir ke BPLH
A A A
PANGANDARAN - Warga Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang laporkan pencemaran sampah yang terjadi di jalur sungai Cijaluhilir ke Badan Pelestarian Lingkungan Hidup (BPLH).

Pasalnya sungai tersebut keberadaanya sangat kumuh lantaran dijadikan tempat pembuangan sampah warga dari Desa Parigi, Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi dan Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang.

Salah satu warga Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang Cucu Gumilar mengatakan, sungai Cijaluhilir merupakan perbatasan Kecamatan Parigi dengan Kecamatan Cijulang dan termasuk pada salah satu destinasi wisata air yang dikelola oleh pemerintah desa dan kelompok penggiat wisata.

"Karena sungai tersebut dijadikan pembuangan sampah, akhirnya bantaran sungai jadi mengecil lantaran terjadi pengendapan sampah yang dibuang bertahun-tahun oleh warga, selain itu air di sungai tersebut jadi tercemar," kata Cucu.

Pencemaran yang terjadi dari sungai Cijaluhilir mengalir ke muara Bojongsalawe sehingga saat musim hujan dan air besar sampah dari sungai Cijaluhilir masuk ke laut.

"Kami harap pemerintah daerah menyediakan tempat pembuangan sampah untuk masyarakat ke tiga Desa tersebut agar tidak membuang sampah ke sungai Cijaluhilir," tambah Cucu.

Sementara Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) BPLH Pangandaran Erik Krisnayudha mengatakan, pihaknya telah melakukan tinjauan kelokasi tersebut bersama pemerintah desa setempat.

"Upaya yang telah kami lakukan diantaranya mengagendakan kegiatan opsih bersama dan akan membuat plang peringatan supaya masyarakat tidak membuang sampah ke sungai," kata Erik.

Erik menambahkan, dampak dari penyempitan sungai Cijaluhilir saat ini sudah terasa disaat musim hujan, karena air dari jalur sungai Cijaluhilir sering meluap ke perumahan warga dan terjadi banjir.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5955 seconds (0.1#10.140)