Kapal Tabrak Karang di NTT, Penumpang Lompat ke Laut

Sabtu, 15 Oktober 2016 - 05:44 WIB
Kapal Tabrak Karang di NTT, Penumpang Lompat ke Laut
Kapal Tabrak Karang di NTT, Penumpang Lompat ke Laut
A A A
LABUAN BAJO - Kapal Motor Penumpang Dharma Kencana VIII tenggelam di perairan sekitar kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (14/10/2016) malam. Para penumpang berhasil diselamatkan, namun puluhan truk dan kendaraan roda empat serta roda dua ikut tenggelam bersama kapal.

Kapal dilaporkan menabrak karang di antara Pulau Bidadari dan Pulau Monyet. Akibatnya, kapal yang mengangkut 142 penumpang dan 36 anak buah kapal serta puluhan kendaraan ini tenggelam.

Dari keterangan saksi mata, Regina, saat terjadinya tabrakan terdengar bunyi benturan yang besar sehingga para penumpang berlarian keluar dan kemudian melompat dari kapal dengan menggunakan pelampung untuk menyelamatkan diri.

Bahkan menurut salah satu penumpang yang selamat lainnya, Sunawi, kapal sempat oleng dan mesinnya mati setelah kapal menabrak karang.

Para penumpang kemudian berlari menyelamatkan diri tanpa ada yang membantu sebelum akhirnya tim penyelamat dari Polres Manggarai Barat, Pol Air, Basarnas, Angkatan Laut, dan Syahbandar berdatangan. Penumpang tersebut selanjutnya dievakuasi ke Pelabuhan Labuan Bajo oleh tim gabungan

Pihak kepolisian saat ini masih menyelidiki kecelakaan kapal itu. Menurut Kapolres Manggarai Barat AKBP Supiyanto, penumpang yang diselamatkan berjumlah 142 orang, berbeda dengan jumlah di manifest penumpang yang berjumlah 117 orang.

Tiga orang dilaporkan mengalami luka-luka dan satu orang ibu pingsan dan saat ini dibawa ke Puskesmas Labuan Bajo untuk mendapatkan perawatan.

Akibat kejadian ini, 30 truk besar, satu truk sedang, empat mobil minibus, dan satu kendaraan roda dua ikut tenggelam bersama kapal.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.7134 seconds (0.1#10.140)