Apa Perbedaan UKT dan Uang Semester Kuliah? Simak Ulasannya

Sabtu, 08 Juli 2023 - 08:13 WIB
loading...
Apa Perbedaan UKT dan Uang Semester Kuliah? Simak Ulasannya
Mahasiswa baru harus bisa membedakan sejumlah istilah pembayaran biaya kuliah di antaranya adalah Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan uang semesteran. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Apa sebenarnya perbedaan UKT dan uang semester Kuliah?Bila saat bersekolah kamu tidak terlalu direpotkan dengan banyak istilah pembayaran, berbeda dengan di perguruan tinggi. Berbagai istilah pun hadir dan lumayan memusingkan bagi yang namanya mahasiswa baru.

Tapi bila sudah terbiasa, maka cukup mudah membedakan istilah seperti BKT, UKT, uang pangkal, ataupun uang .Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan perbedaan UKT dan uang semester kuliah

Mengenal Berbagai Istilah Pembayaran di Perkuliahan

1. UKT

UKT merupakan kepanjangan dari Uang Kuliah Tunggal yang berlaku di PTN dan telah berlaku sejak tahun 2013/2014.Dengan sistem UTK, mahasiswa hanya membayar satu jenis biaya pada tiap semester tanpa ada biaya tambahan lainnya. Besaran biaya UKT di PTN rata-rata selalu sama meskipun telah mencapai semester akhir.

Penentuan UKT ini didasarkan dari data yang diisi oleh mahasiswa sendiri saat mendaftar menjadi mahasiswa baru. UKT memiliki lima golongan tergantung dari pendapatan orang tua. Semakin ke bawah semakin rendah atau bahkan bisa jadi gratis.

2. BKT

Selain UKT, ada lagi istilah BKT yang merupakan kepanjangan dari Biaya Kuliah Tunggal.BKT dibayarkan sama seperti UKT yaitu pada awal semester saja. Biaya ini dibayarkan untuk semua kebutuhan operasional per mahasiswa per semester.

3. Uang Pangkal

Uang pangkalmerupakan uang yang harus dibayarkan oleh mahasiswa yang ada di naungan PTS. Para mahasiswa hanya perlu membayarnya sekali saja yaitu pada saat pendaftaran ulang. Nominalnya bervariasi tergantung dari peraturan pihak kampus.



Akan ada keistimewaan bagi kamu yang masuk ke kampus dengan jalur prestasi. Uang pangkal biasanya lebih mahal bagi mahasiswa yang masuk dengan jalur mandiri.

Tak hanya di PTS, uang pangkal juga berlaku bagi mahasiswa di PTN yang masuk dengan jalur mandiriÂĄ, bukan jalur SBMPTN atau SNMPTN.

4. SPP

Karena tidak ada UKT di kampus PT, maka ada SPP yang dibayarkan setiap awal semester sebelum perkuliahan dimulai. SPP merupakan kepanjangan dari Sumbangan Pengembangan Pendidikan. Nilai yang harus dibayarkan sama bagi semua mahasiswa, tidak mengenal pendapatan orang tua.

5. Uang Praktik

Bagi prodi yang memang dalam kurikulumnya ada praktik, maka harus membayar uang praktek untuk kebutuhan pendukung selama praktek di laboratorium misalnya.

Jurusan yang ada uang praktek biasanya adalah dokter, fisika, kimia, biologi, dan teknik. Semua prodi yang memerlukan pendekatan praktek pasti ada uang prakteknya.

6. Biaya Lain-lain

Biaya lain-lain ini termasuk seperti biaya untuk ngeprint tugas sendiri.Di beberapa universitas yang memiliki sistem air minum yang terjaga mewajibkan mahasiswanya untuk membayar uang air minum yang bisa dimanfaatkan gratis selama di lingkungan kampus.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2210 seconds (0.1#10.140)