Ingin Akhiri Perang Ukraina, Mantan Pejabat AS Gelar Pertemuan Rahasia dengan Rusia

Jum'at, 07 Juli 2023 - 06:20 WIB
loading...
Ingin Akhiri Perang Ukraina, Mantan Pejabat AS Gelar Pertemuan Rahasia dengan Rusia
Amerika Serikat (AS) ingin mengakhiri perang di Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Amerika Serikat (AS) tampaknya sedang membangun fondasi dasar untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina. Itu dikarenakan adanya laporan yang muncul mengklaim bahwa baru-baru ini diadakan pertemuan antara mantan pejabat keamanan senior AS dan orang Rusia yang dekat dengan Kremlin.

NBC News, mengutip sumber yang dekat dengan diskusi, melaporkan bahwa diplomasi saluran belakang tingkat tinggi—disebut diplomasi Jalur Dua dalam bahasa diplomatik—terjadi pada bulan April 2023 antara Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan mantan pejabat senior AS di New York.



Mantan pejabat AS yang bertemu Lavrov adalah Richard Haass, mantan diplomat dan mantan presiden Dewan Hubungan Luar Negeri, pakar Eropa Charles Kupchan dan pakar Rusia Thomas Graham, keduanya mantan pejabat Gedung Putih dan Departemen Luar Negeri.

Dalam pertemuan bulan April, beberapa masalah paling sulit dibahas seperti nasib wilayah yang dikuasai Rusia yang mungkin tidak akan pernah bisa dibebaskan oleh Ukraina, dan pencarian solusi diplomatik yang sulit dipahami yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

Diskusi tersebut juga berkaitan dengan menjaga saluran komunikasi dengan Rusia tetap terbuka jika memungkinkan dan untuk mencari tahu di mana mungkin ada ruang untuk negosiasi, kompromi, dan diplomasi di masa depan untuk mengakhiri perang.

Laporan itu mengatakan bahwa pemerintahan Biden mengetahui pertemuan rahasia itu, tetapi menambahkan bahwa itu tidak dilakukan atas perintah presiden AS. Mantan pejabat AS yang bertemu Lavrov kemudian memberi tahu Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih tentang apa yang terjadi.



Selain Lavrov, diskusi tersebut juga melibatkan orang Rusia lainnya termasuk akademisi, pemimpin dari wadah pemikir utama, dan lainnya di bidang kebijakan luar negeri Rusia yang diyakini sering berhubungan dengan Presiden Vladimir Putin. Namun, nama orang-orang terkemuka Rusia ini belum diungkapkan karena masalah keamanan.

Perkembangan terbaru datang beberapa hari setelah CNN melaporkan bahwa Direktur CIA William Burns baru-baru ini melakukan perjalanan ke Ukraina dan bertemu dengan Presiden Volodymyr Zelensky dan pejabat intelijen Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)