alexa snippet

Puting Beliung Hancurkan Puluhan Rumah Warga di Rumbia

Puting Beliung Hancurkan Puluhan Rumah Warga di Rumbia
Angin puting beliung hancurkan rumah warga. Foto:Istimewa/SINDOnews
A+ A-
BOMBANA - Hujan lebat disertai angin kencang melanda Rumbia, pusat kota Bombana. Akibat bencana alam tersebut puluhan rumah rusak, bahkan ada yang rata dengan tanah.

Hanani warga Rumbia mengatakan, musibah itu datang sekitar pukul 16.30 Wita. Mulanya wilayah pusat dilanda hujan. Tidak lama kemudian, hujan bertambah deras bersamaan dengan angin kencang.

Menurut anggota DPRD Bombana ini, angin kencang terjadi sekitar 30 menit. Saat itu, warga bertahan di rumah masing-masing. Atap rumah warga yang rata-rata terbuat dari seng berterbangan.

Ada beberapa titik yang diterjang angin puting beliung. Di lokasi pasar lama, sedikitnya lima rumah yang rusak. Bahkan di pertigaan jalan Diponogora, angin kencang merobohkan, satu papan reklame, milik penjual hand phone.

Sementara itu, di pesisir pantai Kasipute tepatnya samping kiri menuju pelabuhan, angin kencang meluluhlantakan hampir semua warung yang berjejer di lokasi tersebut. Tidak hanya itu, satu warung sisi selatan bahkan jatuh ke laut.

Di Tapuahi dan Kampung Baru Kecamatan Rumbia Tengah juga terbilang parah diterjang angin puting. Belasan rumah milik warga rata-rata mengalami kerusakan dibagian atapnya.

"Ada juga gudang di sini (Kampung baru) yang rata dengan tanah. Bahkan ada atap sekolah PAUD yang diterbangkan angin," sambung Hanani, Jumat (7/10/2016).

Sementara itu, Kepala BPBD Bombana Andi Syarifuddin mengatakan, angin kencang yang terjadi sore kemarin menyebabkan rumah dan warung milik warga ibukota mengalami kerusakan.

"Jumlah rumah yang rusak antara belasan hingga puluhan unit. Namun jumlah pastinya, masih sementara di data. Rumah yang rusak, rata-rata atapnya dibawah angin," ungkapnya.



(san)
views: 2.546
loading gif
Top