alexa snippet

Bakar Rumah Komandan, Anggota Brimob Divonis 3,5 Tahun Penjara

Bakar Rumah Komandan, Anggota Brimob Divonis 3,5 Tahun Penjara
Ilustrasi (Sindonews)
A+ A-
PEKANBARU - Andre Syahputra, anggota Brimob Polda Riau, nekat membakar rumah dinas komandannya, AKBP Abu Bakar Tertusi. Akibatnya, dia dipenjara selama 3 tahun 6 bulan (3,5 tahun).

Selain rumah komandannya, Andre juga membakar beberapa rumah dinas petinggi Brimob Polda Riau yang letaknya tidak jauh dari rumah dinas AKBP Abu Bakar. Hal ini terungkap dalam persidangan di Pengadilan Negeri Pekanbaru.

"Berdasarkan keterangan saksi dan bukti-bukti persidangan, majelis hakim memvonis terdakwa dengan hukuman 3 tahun 6 bulan penjara," kata Martin Ginting, ketua Majelis Hakim, Senin (26/9/2016).

Hukuman yang dijatuhkan majelis hakim lebih ringan dibanding dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang meminta terdakwa divonis lima tahun penjara.

Hakim menilai terdakwa terbukti melanggar Pasal 187 KUHP. Hakim menilai hal yang memberatkan hukuman karena perbuatan terdakwa telah merusak fasilitas negara. Hakim juga menilai terdakwa selalu berbelit-belit selama persidangan.

Perbuatan melawan hukum terdakwa dilakukan karena dia sakit hati dipindahtugaskan dari ajudan AKBP Abu Bakar Tertusi yang saat kejadian menjabat sebagai Wakil Kepala Satuan (Wakasat) Brimob Polda Riau.

Perbuatan nekat terdakwa yang dilakukan pada 19 Oktober 2015 pukul 02.00 di rumah dinas di Jalan Durian Pekanbaru ini, diperkuat dengan bukti-bukti yang dihadirkan di persidangan seperti rekaman CCTV.

Majelis hakim memberikan kesempatan kepada JPU maupun terdakwa dan kuasa hukumnya untuk mengajukan upaya hukum selanjutnya. Namun, jaksa dan terdakwa menyatakan untuk pikir-pikir terlebih dahulu menyatakan banding atau tidak.



(zik)
dibaca 11.955x
loading gif
Top