Begini Kondisi Sekolah di Garut Pascabanjir Bandang

Senin, 26 September 2016 - 09:18 WIB
Begini Kondisi Sekolah di Garut Pascabanjir Bandang
Begini Kondisi Sekolah di Garut Pascabanjir Bandang
A A A
GARUT - Semua sekolah yang terdampak banjir bandar di Kabupaten Garut mulai beraktivitas pada Senin (26/9/2016) pagi. Salah satunya terlihat di SMPN 3 Tarogong Kidul.

Pantauan di lapangan siswa tampak membersihkan lumpur pasca banjir bandang di ruang kelas dan ruangan lainnya. Siswa tampak sibuk mengepel, mengangkat kursi dan meja, hingga menyimpan buku-buku yang masih bisa dipakai.
Begini Kondisi Sekolah di Garut Pascabanjir Bandang


Beberapa siswa tampak mondar-mandir membawa ember kecil berisi air yang akan digunakan untuk mengepel. Sebagian siswa istirahat dengan duduk-duduk dan berdiri di sekitar ruang kelas sambil berbincang.

Area lapangan di lokasi pun masih tampak becek dan terdapat endapan lumpur. Mereka yang ada di lokasi harus berhati-hati saat berjalan agar tidak terpeleset.

Sebagian siswa dikumpulkan di area upacara. Di antara mereka ada yang tidak memakai seragam sekolah, bahkan tidak memakai alas kaki. Sementara mereka yang memakai seragam juga banyak yang memakai sandal di sekolah.
Begini Kondisi Sekolah di Garut Pascabanjir Bandang


Di beberapa titik, bertumpuk puluhan komputer yang rusak karena sempat terendam banjir. Kursi dan sofa juga bertumpuk di dekat masjid sekolah.

Beberapa guru juga tampak sibuk melakukan pendataan siswa yang memerlukan perlengkapan sekolah. Pukul 08.40 WIB, para siswa masih tampak sibuk melakukan membersihkan sekolah. Kegiatan belajar pun belum dimulai.

Zaki (12), siswa kelas VII, mengaku sengaja pergi ke sekolah meski kini tidak punya seragam sekolah, tas, serta sepatu. Ia ingin kembali belajar di sekolah karena sudah beberapa hari sekolah diliburkan. Dia merindukan suasana belajar dan bertemu dengan teman-temannya.

"Perlengkapan sekolah mah kebawa banjir. Ada beberapa buku yang tersisa. Tapi kebanyakan kebawa banjir," ujar Zaki.

Informasi yang dihimpun, ada belasan sekolah yang terkena dampak banjir bandang. Sebagian rusak berat, bahkan terbawa hanyut arus air saat banjir. Tapi ada sebagian sekolah yang tidak mengalami kerusakan bangunan fisik.
Begini Kondisi Sekolah di Garut Pascabanjir Bandang


Sementara pantauan di jalan menuju sekolah, tampak masih dilakukan pembersihan oleh petugas dari tim gabungan. Satu alat berat berukuran sedang dipakai untuk membersihkan lumpur. Pembersihan secara manual menggunakan cangkul juga dilakukan petugas.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7370 seconds (0.1#10.140)