5 Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Awet hingga Berbulan-bulan

Sabtu, 01 Juli 2023 - 18:30 WIB
loading...
5 Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Awet hingga Berbulan-bulan
Menyimpan daging kurban agar tetap awet tentu butuh tips tersendiri. Jangan sampai, belum sempat mengolah menjadi hidangan, tetapi sudah tak layak konsumsi. Foto/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Menyimpan daging kurban agar tetap awet tentu butuh tips tersendiri. Jangan sampai, belum sempat mengolah menjadi hidangan yang diinginkan, tetapi sudah tak layak konsumsi.

Oleh sebab itu, jangan sembarangan menyimpan daging kurban jika ingin lebih tahan lama. Berikut tips menyimpan daging kurban di kulkas seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (1/7/2023).

Tips Menyimpan Daging Kurban di Kulkas





1. Jangan Dicuci


Daging kurban jangan dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan. Alih-alih ingin bersih dari kotoran, tapi mencuci daging bakal membawa penyakit.

Mencuci daging kurban dengan air keran tidak menutup kemungkinan bakal membuat kuman masuk dan tinggal di dalam daging. Alhasil, kualitas daging pun rusak.

2. Pisahkan Daging Kurban Beberapa Bagian


Jika Anda terbiasa menyatukan semua daging kurban dalam satu wadah dan langsung dimasukkan ke dalam kulkas, sebaiknya tinggalkan cari ini. Potong-potong daging terlebih dahulu dan masukkan ke dalam plastik menjadi beberapa bagian.

Sebaiknya, dalam satu plastik diisi seporsi daging kurban untuk satu kali memasak saja. Selain itu, pastikan plastik dalam keadaan rapat atau terbungkus.

3. Jangan Masuk Freezer


Sebelum masuk ke dalam freezer, daging kurban harus ditaruh terlebih dahulu di kulkas bagian bawah. Biarkan selama empat hingga lima jam, baru setelah dingin, daging dapat dipindahkan ke dalam freezer.

4. Pastikan Plastik Termasuk Food Grade


Wadah seperti plastik untuk menyimpan daging kurban harus dipastikan aman. Perhatikan standarisasi food grade pada plastik. Contoh plastik yang wajib dihindari sebagai wadah penyimpanan daging misalnya saja kantong plastik hitam.



5. Pisahkan Daging dengan Jeroan


Memisahkan daging kurban dengan jeroannya juga penting. Tips ini bertujuan agar keduanya tidak mudah basi dan mencegah kontaminasi silang. Perlu diketahui juga, jeroan biasanya akan lebih mudah rusak ketimbang daging.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3028 seconds (0.1#10.140)