Jangan Panik! Begini Cara Mengusir Biawak yang Menyusup ke Rumah

Senin, 26 Juni 2023 - 15:20 WIB
loading...
Jangan Panik! Begini Cara Mengusir Biawak yang Menyusup ke Rumah
Biawak merupakan hewan melatan yang memiliki ukuran cukup besar seperti komodo dan buaya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Biawak merupakan hewan melatan yang memiliki ukuran cukup besar seperti komodo dan buaya. Tak sedikit hewan ini temukan di dalam rumah. Lalu Bagaimana cara mengusir biawak yang menyusup ke dalam rumah?

Pada umumnya biawak adalah hewan yang pemalu dan justru takut akan kehadiran manusia. Namun karena ukurannya yang cukup besar dan pergerakannya yang lincah membuat beberapa orang takut akan wujudnya.

Biasanya kondisi biawak yang masuk rumah ini sering terjadi ketika musim hujan, dimana hewan tersebut memerlukan tempat berteduh.


Cara Mengusir Biawak yang Menyusup ke Rumah

Jika salah satu jenis reptil ini berhasil masuk rumah, maka penghuni rumah dapat melakukan beberapa cara berikut.

1. Tetap Tenang dan Buka Pintu Keluar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Jika melihat biawak yang sudah masuk ke rumah, maka jangan terlebih dahulu didekati hewan tersebut.

Menjauhlah dan tutup semua pintu, seperti pintu kamar atau dapur, supaya hewan ini tak masuk terlalu dalam. Kemudian bukalah pintu keluar terdekat.

2. Gunakan Tongkat atau Sapu

Gunakan tongkat atau sapu untuk menuntun keluar biawak, dan jangan menyentuhnya secara langsung. Lakukanlah dengan tenang dan lembut, karena bila terburu-buru dan kasar, bisa saja hewan tersebut tidak akan berjalan sesuai keinginan dan bahkan akan menyerang.


3. Gunakan Drum atau Wadah Besar untuk Menjebak Biawak

Cobalah untuk menjebak biawak dengan berbagai perlengkapan yang ada seperti tudung saji atau drum. Setelah hewan tersebut terjebak, perlahan geser jebakan itu sampai keluar rumah.

4. Panggil Orang yang Berani Menghadapinya

Bila takut untuk mengeluarkannya sendiri, cobalah untuk memanggil orang yang biasa menangani reptil di sekitar rumah untuk melakukan tugas pengusiran tersebut.

Itulah beberapa cara untuk menghadapi biawak yang masuk rumah. Semoga informasi ini bermanfaat.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)