Bencana Kapal Selam Terburuk dalam Sejarah, Nomor 1 Terjadi di Indonesia

Jum'at, 23 Juni 2023 - 15:20 WIB
loading...
Bencana Kapal Selam Terburuk dalam Sejarah, Nomor 1 Terjadi di Indonesia
Kapal selam wisata Titanic, Titan, dinyatakan meledak di Samudra Atlantic. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kapal selam wisata Titanic, Titan, dipastikan meledak dahsyat. Kepastian itu pun mengakhiri pencarian multinasional yang telah dilakukan selama beberapa hari terakhir.

Kapal selam Titan putus kontak dengan operator tur pada hari Minggu saat berada sekitar 435 mil selatan St John's, Newfoundland, selama pelayaran ke kapal karam Titanic di lepas pantai Kanada.

Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) mengumumkan bahwa kapal selam Titan meledak dahsyat dan menewaskan 5 orang yang berada di dalamnya.

Meski kapal selam Titan adalah kapal selam wisata, namun peristiwa ini mengingatkan kembali kepada sejumlah bencana kapal selam terburuk yang pernah terjadi di dunia. Salah satunya terjadi di Indonesia.

Berikut adalah bencana kapal selam terburuk dalam sejarah

1. KRI Nanggala-402


Kapal selam milik TNI Angkatan Laut Indonesia ini hilang pada April 2021 lalu saat sedang melakukan latihan penembakan torpedo di perairan selat Bali.

Terdapat 53 awak di kapal selam tersebut yang terdiri dari 49 anak buah kapal (ABK), 1 komandan satuan dan 3 personel arsenal. Sejumlah negara turut memberikan bantuan dalam upaya pencarian kapal selam buatan Jerman tersebut. Pada 24 April, TNI menyatakan bahwa kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam pada kedalaman 838 meter di perairan Bali. Sebanyak 53 awaknya dinyatakan gugur.

2. ARA San Juan


Pada 15 November 2017, kapal selam diesel-listrik Angkatan Laut Argentina ARA San Juan menghilang saat berpatroli dengan 44 awak di dalamnya. Angkatan laut Argentina kemudian menentukan bahwa suara anomali yang terdeteksi tak lama setelah transmisi terakhir kapal selam itu "konsisten dengan ledakan."

Kapal selam itu akhirnya ditemukan setahun kemudian di kedalaman 3.000 kaki di Atlantik Selatan.

3. Kapal Selam 361


Pada tahun 2003, kapal selam diesel-listrik China dengan nomor lambung 361 mengalami kerusakan mekanis yang serius selama latihan yang menyebabkan kematian 70 pelaut. Para kru dikatakan mati lemas, meskipun detailnya terbatas.

4. K-141 Kursk


Pada 12 Agustus 2000, kapal selam bertenaga nuklir Rusia, K-141 Kursk, menghilang di Laut Barents. Pihak berwenang Rusia kemudian menetapkan kapal itu tenggelam setelah sebuah torpedo di dalamnya tiba-tiba meledak. Ledakan pertama kemudian memicu ledakan beberapa hulu ledak lainnya.

Kapal selam milik angkatan laut Rusia itu tenggelam dengan 118 pelaut di dalamnya. Meskipun dua puluh tiga pelaut Rusia diyakini selamat dari bencana awal, angkatan laut Rusia tidak dapat menyelamatkan mereka tepat waktu.

5. K-278 Komsomolet


Pada tanggal 7 April 1989, kapal selam serang bertenaga nuklir milik Soviet K-278 Komsomolets tenggelam di Laut Norwegia setelah terjadi kebakaran hebat.

Empat puluh dua dari 69 awak kapal selam tewas dalam kecelakaan ini. Beberapa tewas di atas kapal. Yang lain yang berhasil keluar meninggal karena terkena air yang sangat dingin sebelum mereka bisa diselamatkan.

6. K-8


Pada 8 April 1970, kebakaran melumpuhkan kapal selam bertenaga nuklir K-8 Soviet, memaksa 52 awak kapal meninggalkan kapal. Ketika sebuah kapal penyelamat tiba di tempat kejadian, para kru kembali ke kapal selam, tetapi saat kapal ditarik di Teluk Biscay, kapal itu tenggelam di laut lepas dengan semua awak tewas.

7. Eurydice


Pada tanggal 4 Maret 1970, kapal selam diesel-listrik Prancis hilang di Mediterania saat menyelam di Tanjung Camarot. Kementerian pertahanan Prancis menilai kapal itu tenggelam bersama seluruh awaknya yang berjumlah 57 pelaut setelah menerima laporan adanya ledakan. Bahan bakar dan puing-puing lainnya ditemukan mengambang di permukaan.

8. USS Scorpion


Kapal selam bertenaga nuklir AS, USS Scorpion, menghilang secara misterius di Samudra Atlantik bersama 99 pelautnya pada 22 Mei 1968. Tidak ada yang tahu persis apa yang terjadi pada kapal selam itu. USS Scorpion ditemukan lima bulan kemudian 400 mil barat daya Azores pada kedalaman 10.000 kaki.

USS Scorpion adalah salah satu dari empat kapal selam yang hilang secara aneh pada tahun 1968.

9. K-129


Pada 8 Maret 1968, kapal selam rudal balistik diesel-listrik Soviet tenggelam di Samudra Pasifik dengan 98 pelaut di dalamnya. AS menemukan kapal selam itu enam tahun kemudian di ketinggian 16.000 kaki dan secara diam-diam memulihkan sebagian dari kapal tersebut.

10. Minerve


Pada 27 Januari 1968, kapal selam diesel-listrik Prancis, Minerve, dan 52 awaknya menghilang dalam cuaca buruk saat kembali ke pelabuhan.

Kapal selam itu ditemukan pada 2019 di lepas kota pelabuhan Prancis Toulon di ketinggian 7.800 kaki.

11. INS Dakar


Hanya beberapa hari sebelum tenggelamnya Minerve, kapal selam diesel-listrik Israel, INS Dakar, tenggelam di Laut Mediterania, mengakibatkan kematian 69 pelautnya. Kapal selam Israel itu ditemukan pada tahun 1999 di ketinggian 9.500 kaki, namun penyebab pasti bencana tersebut masih belum diketahui.

12. USS Thresher


Pada 10 April 1963, Angkatan Laut AS mengalami bencana kapal selam paling dahsyat ketika kapal selam bertenaga nuklir USS Thresher tenggelam di Samudra Atlantik dan meledak. Semua 129 personel Amerika di dalamnya tewas dalam kecelakaan mematikan itu.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)