Dikira Pesawat Jatuh, Ternyata Sonic Boom

Selasa, 30 Agustus 2016 - 23:18 WIB
Dikira Pesawat Jatuh, Ternyata Sonic Boom
Dikira Pesawat Jatuh, Ternyata Sonic Boom
A A A
KARANGANYAR - Masyarakat di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, digegerkan dengan adanya isu pesawat jatuh yang terjadi di Kecamatan Matesih, Selasa (30/8/2016) siang. Warga Karanganyar berkumpul ke Matesih untuk mencari tahu kebenaran isu tersebut.

Isu jatuhnya pesawat itu bermula ketika terdengar suara menggelegar dari langit Karanganyar pada pukul 12.30 WIB. Karanganyar yang semula tenang, tiba-tiba digegerkan dengan suara menggelegar seperti suara ledakan. Bahkan, suara tersebut sempat membuat kaca rumah bergetar kencang seperti mau pecah.

Tak lama setelah suara tersebut muncul, tiba-tiba tersiar kabar bahwa ada pesawat jatuh di Lereng Gunung Lawu. Berita itu kemudian menyebar dengan cepat dari mulut ke mulut. Tidak hanya itu, kabar jatuhnya pesawat juga sempat ramai dibicarakan oleh warga di media sosial. Warga yang penasaran kemudian banyak yang datang ke Matesih untuk mencari tahu lebih lanjut.

Akibatnya kondisi lalu lintas di Jalan Solo Tawangmangu sempat mengalami kemacetan di beberapa titik. Namun, kondisi itu berangsur-angsur pulih setelah isu pesawat jatuh tersebut tidak benar adanya.

Kapolres Karanganyar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ade Safri Simanjutntak mengaku langsung menerjunkan anggotanya untuk mencari sumber suara dan menyisir wilayah Matesih. Akan tetapi, setelah dilakukan penyisiran tidak ada kejadian menonjol, apalagi kejadian pesawat jatuh.

Dia kemudian melakukan konfirmasi langsung kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara. Dari informasi yang didapatkan ternyata suara tersebut merupakan sonic boom dari pesawat tempur yang melintas. Sonic boom adalah suara dentuman keras yang terjadi saat sebuah benda kecepatannya melebihi kecepatan suara.

Sonic boom tersebut suaranya sangat kencang dan seperti bunyi ledakan. "Tadi kami sudah kroscek dan konfirmasi langsung ke TNI AU, suara tersebut berasal dari sonic boom pesawat tempur dari Lapangan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun, kebetulan di sana tadi pagi sedang ada latihan," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga, Harun Al Rosyid, mengaku kaget dengan suara yang terdengar pada Selasa siang. Menurutnya, suara itu hanya terdengar satu kali, namun cukup kencang dan menimbulkan efek trauma bagi yang mendengarkannya.

"Suaranya sangat kencang dan menggelegar, kemudian banyak yang bilang itu pesawat jatuh, ternyata bukan," tegasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4533 seconds (0.1#10.140)