Kabar Fenomena Bulan Kembar Terlihat Malam Ini Hoax

Senin, 29 Agustus 2016 - 22:27 WIB
Kabar Fenomena Bulan Kembar Terlihat Malam Ini Hoax
Kabar Fenomena Bulan Kembar Terlihat Malam Ini Hoax
A A A
JAKARTA - Jagad media sosial dihebohkan dengan kabar adanya fenomena bulan kembar yang akan terjadi malam ini. Kabar tersebut langsung dibantah oleh Kepala Planetarium Taman Ismail Marzuki Eko Wibowo yang menyebut kalau itu merupakan hoax atau kabar bohong.

"Engak ada itu fenomena bulan kembar. Itu broadcast hoax. Karena satelit bumi itu cuma satu, yakni bulan saja," ujarnya kepada Sindonews, Senin (29/8/2016).

Dalam kabar yang beredar melalui broadcast, jarak Planet Mars dikatakan dekat dengan bumi, berjarak 34,5 M mil. "Itu pun keliru, jarak antara Mars ke Bumi itu hitungannya sepersekian tahun cahaya, jadi itu hoax," tegasnya.

Mengenai kemungkinan Mars bisa berdekatan dengan Bumi, menurut Eko tidak mungkin. Karena semua planet itu berjalan melalui garis edarnya. "Memang ada jarak terdekat tapi jarak terdekat itu kan sepersekian tahun cahaya, bukan mil," terangnya.

Diakui Eko, dalam dunia astronomi memang banyak sekali hoax. "Jadi saya tegaskan itu hoax. Selama ini pun saya tidak pernah mendengar ada fenomena bulan kembar. Melihatnya juga apalagi," terangnya.

Mengenai hal lainnya, Eko menerangkan bisa saja kalau bayang-bayang suatu planet terpantul ke bumi. "Kalau pantulan planet dari tata surya yang terlihat ke Bumi itu bisa terjadi tapi itu bukan bulan kembar," pungkasnya.

Sebelumnya beredar kabar, bahwa hari ini akan ada dua rembulan. Peristiwa ini terjadi karena planet Mars akan sangat cerah sehingga terlihat seperti bulan.

Fenomena rembulan kembar ini dapat dilihat dengan mata telanjang atau tanpa bantuan alat apapun. Dikabarkan, fenomena ini akan terjadi lagi pada tahun 2287.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1287 seconds (0.1#10.140)