Mengenal 4 Pati Bintang Empat yang Masih Aktif di Militer Indonesia

Kamis, 22 Juni 2023 - 17:22 WIB
loading...
Mengenal 4 Pati Bintang Empat yang Masih Aktif di Militer Indonesia
Terdapat sejumlah perwira tinggi (Pati) bintang empat yang masih aktif di militer Indonesia sampai sekarang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah perwira tinggi (Pati) bintang empat yang masih aktif di militer Indonesia sampai sekarang. Salah satunya tengah menjabat Panglima TNI .

Bintang empat merupakan pangkat yang berada di jajaran perwira tinggi (pati) TNI. Di Angkatan Darat, pangkat ini dikenal sebagai Jenderal TNI. Kemudian, di Angkatan Laut disebut Laksamana TNI. Sementara di Angkatan Udara dikenal dengan Marsekal TNI.

Pada sejarahnya, telah banyak prajurit TNI yang berhasil mencapai pangkat bintang empat. Beberapa di antaranya bahkan masih aktif bertugas sampai sekarang. Siapa sajakah mereka?


Pati Bintang Empat yang Masih Aktif Bertugas di Militer Indonesia

1. Laksamana TNI Yudo Margono

Laksamana TNI Yudo Margono merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) bintang empat dari TNI Angkatan Laut. Saat ini, dia tercatat sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Mengutip keterangan laman Sekretariat Kabinet RI, Yudo Margono dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, (19/12/2022). Saat itu, lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988 ini menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun.

Sebelum ditunjuk menjadi Panglima TNI, Yudo Margono juga telah banyak menempati jabatan strategis lain. Di antaranya adalah Pangkoarmada I (2018-2019), Pangkogabwilhan I (2019-2020), hingga Kepala Staf TNI Angkatan Laut (2020-2022).

2. Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Saat ini, Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Posisi ini didapatnya setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, (17/11/2021).

Saat itu, Dudung yang masih menyandang pangkat bintang tiga menggantikan posisi Jenderal TNI Andika Perkasa yang ditunjuk menjadi Panglima TNI. Sejalan dengan posisi barunya sebagai KSAD, pangkatnya naik satu tingkat menjadi bintang empat alias Jenderal TNI.

Dalam riwayatnya, sejumlah posisi penting lain juga pernah ditempati jebolan Akademi Militer (Akmil) 1988 ini. Di antaranya adalah Gubernur Akmil (2018-2020), Pangdam Jayakarta (2020-2021), hingga Panglima Kostrad (2021).


3. Laksamana TNI Muhammad Ali

Laksamana TNI Muhammad Ali merupakan perwira tinggi (pati) TNI AL yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Sebelumnya, dia dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada Rabu, (28/12/2022).

Muhammad Ali dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 100/TNI/Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut. Saat itu, dia menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang ditunjuk menjadi Panglima TNI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)