Seluruh Jemaah Haji Kloter Tambahan Mendarat di Madinah Hari Ini

Kamis, 22 Juni 2023 - 15:16 WIB
loading...
Seluruh Jemaah Haji Kloter Tambahan Mendarat di Madinah Hari Ini
Seluruh jemaah haji kuota tambahan hari ini dijadwalkan mendarat di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. FOTO/SINDOnews/SUCIPTO
A A A
JAKARTA - Seluruh jemaah haji kuota tambahan hari ini dijadwalkan mendarat di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Mereka tergabung dalam tiga kloter yakni, dua kloter dari embarkasi Solo dan satu kloter dari Lombok.

Kasi Akomodasi Daker Madinah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Ali Machzumi mengatakan, tiga kloter terakhir tersebut yakni, kloter 13 Embarkasi Lombok (LOP 13), kloter 98 dan 99 Embarkasi Solo (SOC 98 dan SOC 99).

"InsyaAllah ada tiga kloter mendarat di Madinah sekitar 1.004 jemaah tanggal 23 juli, tiga kloter tersebut akan kita dorong menuju Makkah," kata Ali di Madinah saat ditemui di Hotel Gloria Fayrouz Al Massi (Syimaliyah), Madinah, Kamis (22/6/2023).



Menurut Ali, ketiga kloter itu akan ditempatkan di Hotel Gloria Fayrouz Al Massi (Syimaliyah) di wilayah Markaziyah atau di sekitar Kompleks Masjid Nabawi. "Tiga kloter tersebut akan transit kurang lebih selama 1 hari di kota Madinah, kemudian pada esok harinya akan diberangkatkan ke Makkah," katanya.

Ali menjelaskan dengan tambahan tiga kloter tersebut, maka total ada 13 kloter dari jemaah haji kuota tambahan yang masuk melalui Bandara AMAA Madinah. Untuk jemaah yang tiba di Madinah pada Jumat, 23 Juni dini hari akan diberangkatkan ke Makkah maksimal setelah salat Zuhur, sementara kloter lainnya diberangkatkan lebih awal.

"Secara keseluruhan dari semua kloter yang sudah mendarat, transit, kemudian diberangkatkan ke Makkah, semua berjalan baik. Harapannya setiap kloter bisa lancar," kata Ali.



Ia memastikan petugas haji telah berupaya memberikan pelayanan yang maksimal baik dari sisi akomodasi, transportasi, konsumsi, juga bimbingan ibadah.

"PPIH Arab Saudi berkomitmen memberikan layanan terbaik kepada jamaah haji walaupun rencana awal kloter tambahan ini seharusnya mendarat di Jeddah. Karena kebijakan Arab Saudi dan kondisi bandara yang tidak memungkinkan sehingga harus dialihkan di Madinah," katanya.

Ditanya soal kedatangan jamaah haji gelombang kedua ke Madinah, Ali menyebut, kloter pertama jemaah haji gelombang kedua akan tiba di Madinah pada 10 Juli, sedangkan tanggal kepulangan terakhir jemaah haji pada 4 Agustus 2023.
(abd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)