Jelang Idul Adha, Begini Suasana Pasar Hewan di Aceh Tamiang

Jum'at, 26 Agustus 2016 - 15:06 WIB
Jelang Idul Adha, Begini Suasana Pasar Hewan di Aceh Tamiang
Jelang Idul Adha, Begini Suasana Pasar Hewan di Aceh Tamiang
A A A
ACEH TAMIANG - Menjelang Idul Adha, pasar hewan di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh dipadati penjual dan pembeli hewan ternak. Para pembeli hewan kurban khususnya sapi, tidak hanya datang dari wilayah Aceh.

Beginilah ramainya suasana pasar hewan yang terletak di pinggir jalan besar Medan-Banda Aceh, tepatnya di Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Jumat (26/8/2016). Para pembeli tidak hanya datang dari Aceh. Banyak pula yang datang dari luar daerah seperti Langkat dan Medan. Pembeli yang datang khusus untuk membeli jenis sapi Aceh yang dagingnya memang terkenal enak.

Menurut para pedagang, menjelang Idul Adha seperti sekarang ini, sedikitnya dalam sehari 200 ekor sapi diperjualbelikan jika pasar hewan dibuka. Sementara, kalau hari biasa, hanya ada 100 ekor sapi yang dijual.

Para penjual umumnya berasal dari Aceh Tamiang, Aceh Timur, hingga Aceh Utara. Diakui para pedagang, menjelang Idul Adha, harga hewan kurban bisa meningkat 30 hingga 40 persen. Kalau biasanya harga sapi ukuran 70 hingga 80 kilogram sekitar Rp10 juta, saat ini harganya mencapai Rp12 juta hingga Rp14 juta per ekor.

Menurut Abdurrahman, penjual sapi, jika dibandingkan tahun lalu, ada penurunan jumlah pembeli yang datang. Hal ini diduga disebabkan kondisi perekonomian warga yang saat ini sedang melemah.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5165 seconds (0.1#10.140)