Selingkuh Termasuk Gangguan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

Kamis, 22 Juni 2023 - 12:17 WIB
loading...
Selingkuh Termasuk Gangguan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya
Menurut laman Very Well Health, fenomena selingkuh termasuk ke dalam kategori gangguan kesehatan mental. Foto/ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ada banyak alasan mengapa orang yang sudah menikah berani selingkuh . Penyebabnya pun dapat dipicu oleh banyak faktor, mulai dari gangguan kepribadian, pengalaman di masa lalu, hingga perkembangan zaman seperti media sosial.

Bagi sejumlah orang muncul pertanyaan, apakah selingkuh itu sebuah penyakit? Pertanyaan itu muncul karena tren selingkuh yang selalu berulang.

Selingkuh Termasuk Gangguan Kesehatan

Mental Menurut laman Very Well Health, rupanya selingkuh masuk ke dalam kategori gangguan kesehatan mental. Hal itu merujuk pada faktor risiko penyebab orang selingkuh yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang. Berikut sejumlah alasan selingkuh termasuk gangguan mental.

1.Akibat Pengalaman Masa Kecil
Selingkuh Termasuk Gangguan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

Foto/Ist

Beberapa penyebab selingkuh akibat pengalaman masa kecil adalah trauma di masa kanak-kanak. Dalam hal ini, anak-anak yang memiliki riwayat trauma pada masa kecilnya seperti pelecehan, pengabaian secara fisik dan emosional, dikaitkan risiko tinggi orang tersebut akan selingkuh pada saat dewasa.



Sebuah studi pada 2015 juga menemukan fakta, bahwa anak-anak yang mengalami dan melihat kasus perselingkuhan dari orangtuanya juga memiliki risiko yang sama.

2. Gangguan Mental
Selingkuh Termasuk Gangguan Kesehatan Mental, Ini Penjelasannya

Foto/alodokter

Beberapa penyakit mental seperti gangguan bipolar dikaitkan sebagai faktor risiko perselingkuhan di dalam pernikahan. Selain itu, ada perilaku yang menyatakan bahwa "Sekali selingkuh maka, akan selingkuh terus menerus", ternyata itu bukanlah sebuah anggapan semata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)