Gunung Bromo Menggeliat, Dua Desa Diguyur Abu Vulkanik Tipis

Rabu, 24 Agustus 2016 - 13:20 WIB
Gunung Bromo Menggeliat, Dua Desa Diguyur Abu Vulkanik Tipis
Gunung Bromo Menggeliat, Dua Desa Diguyur Abu Vulkanik Tipis
A A A
PROBOLINGGO - Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggeliat, Rabu (24/8/2016) pagi. Dua desa di dua kecamatan di Probolinggo diguyur abu vulkanik.

Berdasarkan pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pantau Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, aktivitas Gunung Bromo mulai ada peningkatan, Rabu pagi.

Asap putih mengandung abu vulkanik setinggi 200-700 meter cenderung mengarah ke utara dan timur berdampak pada dua desa di lereng Gunung Bromo terpapar abu vulkanik. Kedua desa itu adalah Desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura dan Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber.

Meski terpapar abu vulkanik, aktivitas warga di desa ini masih normal. Warga menganggap fenomena ini merupakan fenomena rutin Gunung Bromo. "Hujan abu, tidak apa-apa," kata Wartiah, warga.

Namun, warga Desa Ngadirejo yang letaknya berada sekitar 3 kilometer dari Gunung Bromo dihantui rasa takut, karena kalau malam terkadang terdengar suara dentuman dan gemuruh Gunung Bromo.

Tidak bisa diprediksi sampai kapan abu vulkanik mengguyur desa ini, karena paparan abu vulkanik tergantung arah angin dan ketinggian asap yang dikeluarkan kawah Gunung Bromo.

Sementara, material agak kasar seperti pasir, jatuh di sekitar sawah. PVMBG mengimbau radius 1 kilo meter dari bibir kawah steril dari aktivitas wisatawan dan warga.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9119 seconds (0.1#10.140)