PT KAI Akan Tutup 4 Perlintasan Tidak Sebidang di Jakarta

Sabtu, 20 Agustus 2016 - 21:35 WIB
PT KAI Akan Tutup 4 Perlintasan Tidak Sebidang di Jakarta
PT KAI Akan Tutup 4 Perlintasan Tidak Sebidang di Jakarta
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana menutup empat perlintasan kereta api tidak sebidang di Jakarta. Perlintasan kereta api tak sebidang ini dianggap kerap membuat kemacetan.

Adapun perlintasan itu berada di Tebet dan Kalibata, Jakarta Selatan; Senen, Jakarta Pusat, serta Jatinegara, Jakarta Timur. Senior Manager Corporate Comunication PT KAI Daop 1 Jakarta Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, perlintasan tersebut layak ditutup mengingat memenuhi ketentuan dalam Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Nomor 770/2005 tentang Perlintasan Teknis Perlintasan Sebidang.

Dia menjelaskan, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas terkait rencana penutupan perlintasan kereta api tidak sebidang yang tersebar di wilayah Jakarta itu. Seperti di perlintasan kereta api Stasiun Senen, rencananya sisi Jalan Suprapto dari arah Senen menuju Cempaka Putih kendaraan dari simpang Atrium dialihkan masuk melewati Underpass Senen.

"Kalau kendaraan dari Stasiun Senen dialihkan ke Jalan Kepu Selatan menuju Jalan Bungur Besar Raya hingga kembali ke Jalan Suprapto yang lokasinya berada di seberang Stasiun Pasar Senen," katanya.

Meski begitu, tambah Bambang, pihaknya masih terus mengkaji terkait proses penutupan tersebut sehingga upaya mengurai kemacetan dapat maksimal. "Jadi rekayasa lalu lintas harus dihitung benar rute alternatifnya," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6480 seconds (0.1#10.140)