Mendikbud Sebut Pendidikan Karakter Itu Penting

Jum'at, 19 Agustus 2016 - 01:50 WIB
Mendikbud Sebut Pendidikan Karakter Itu Penting
Mendikbud Sebut Pendidikan Karakter Itu Penting
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar pemilihan guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang berprestasi dan berdikasi. Hal itu dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga pendidik.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, pendidikan karakter seperti kokurikuler atau sebelumnya disebut full daya school diperlukan. Namun, tergantung tingkat pendidikannya.

"Lalu pendidikan masalah karakter itu penting. Tingkat jenjang pendidikan dasar. SMP dan SD, bobot sampai dengan 70% SD, dan 60% SMP," kata Muhadjir di Jakarta, Kamis 19 Agustus 2016.

Muhadjir mengatakan, seorang pendidik sudah sepatutnya membuat membuat karakter peserta didik kuat. Karena, kata dia, hal itu menentukan masa depan peserta didik.

"Itu dijadikan tugas yang kokoh pada tingkat pendidikan dasar. Entah dia jadi pekerja atau sarjana, tidak akan terombang ambing. Kami mendorong untuk membangun fondasi yang kokoh. Secara kokoh akan dilihat nanti dikedepannya, masa depan kita akan kokoh atau tidak," jelasnya.

Ia mengimbau agar para pengajar dapat tulus dalam melaksanakan tugas sehari-harinya. Lanjut dia, menjadi guru harus dari panggilan hati.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9063 seconds (0.1#10.140)