Kisah Ayuba Suleyman Diallo, Budak di Amerika yang Menulis Tiga Salinan Al-Qur'an

Senin, 19 Juni 2023 - 17:49 WIB
loading...
Kisah Ayuba Suleyman Diallo, Budak di Amerika yang Menulis Tiga Salinan Al-Quran
Ayuba Suleiman Diallo adalah seorang terpelajar yang dijadikan budak di Amerika. Foto/Ilustrasi: aljazeera
A A A
Kisah Ayuba Suleyman Diallo sungguh dramatis. Menurut sejarawan Sylviane A Diouf, Diallo adalah seorang pedagang dan guru Al-Quran dari Negara Islam Bundu di Senegal. Ia diculik pada tahun 1730 di Gambia dan dijual kepada kapten Stephen Pike dari Kapal Arabella.

Diallo mengatakan kepada kapten Stephen Pike bahwa ayahnya akan membayar kebebasannya dan dia diizinkan untuk mengirim seorang kenalan ke kampung halamannya. Tapi Kapal Arabella pergi sebelum Diallo bisa dibebaskan.

"Dari Maryland, dia menulis surat kepada ayahnya dan memberikannya kepada seorang penjual budak dengan instruksi untuk mengirimkannya ke Pike," tulis Cendekiawan Tamu di the Center for the Study of Slavery and Justice di Universitas Brown ini dalam artikelnya berjudul "Muslims in America: A forgotten history" yang dilansir Aljazeera.

Surat itu tidak sampai kepadanya tetapi berakhir di London di tangan James Oglethorpe, wakil gubernur Royal African Company dan calon pendiri Georgia. Setelah membaca terjemahannya, Oglethorpe mengatur pembebasan dan transportasi Diallo ke Inggris.



Orang Senegal tiba di London pada bulan April 1733. Dia bertemu dengan keluarga kerajaan dan membantu dokter dan naturalis terkenal Sir Hans Sloane – yang koleksi pribadinya menjadi dasar Museum Inggris, Perpustakaan Inggris, dan Museum Sejarah Alam – menerjemahkan dokumen berbahasa Arab.

Sebelum kembali ke Bundu pada Juli 1734, dia berpose untuk pelukis William Hoare dan menulis tiga salinan Al-Quran. Satu dijual pada 2013 seharga 21.250 pound Inggris (US$28.040) ke Koleksi Dar El-Nimer untuk Seni & Budaya di Beirut.

Budak Terpelajar

Sylviane A Diouf menuturkan, Muslim biasanya dianggap sebagai imigran abad ke-20 ke AS, namun selama lebih dari tiga abad, Muslim Afrika adalah kehadiran yang akrab. Mereka dibesarkan di Senegal, Mali, Guinea, Sierra Leone, Ghana, Benin, dan Nigeria di mana Islam dikenal sejak abad ke-8 dan menyebar pada awal tahun 1000-an.

Setidaknya 900.000 dari 12,5 juta orang Afrika yang dibawa ke Amerika sebagian adalah muslim. Mereka terpelajar, putra pejabat tinggi bahkan ada yang berdarah biru. Mereka dijadikan budak, namun tetap menjalankan kewajiban agamanya. Bahkan di antara mereka terus berdakwah lewat tulisan.



Selain kisah Ayuba Suleyman Diallo, di Mississippia ada kisah Ibrahima abd al-Rahman. Dia mengikuti jejak Diallo dengan sepucuk surat yang ditulisnya pada tahun 1826. Tiga puluh delapan tahun sebelumnya, putra penguasa Muslim Futa Jallon di Guinea yang berusia 26 tahun ini ditangkap selama perang. Suratnya dikirim ke Thomas Mullowny, konsul Amerika di Maroko.

Dia membawanya ke Sultan Abd al-Rahman II, yang meminta pembebasan Ibrahima. Menteri Luar Negeri Henry Clay mempresentasikan kasus tersebut kepada Presiden John Quincy Adams yang mencurahkan satu bagian untuk masalah tersebut dalam buku hariannya pada 10 Juli 1827.

Setelah 39 tahun di Mississippi, Ibrahima dibebaskan dan berangkat ke Liberia pada tahun 1829 bersama istrinya yang kelahiran Amerika. Dia meninggal tak lama kemudian. Delapan anak dan cucu dibebaskan dengan US$3.500 yang dia kumpulkan untuk tujuan itu di antara para abolisionis sebelum meninggalkan AS. Mereka menetap di Liberia, tetapi tujuh kerabat tetap diperbudak.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)